Alami Mulut Kering, Atasi dengan 4 Cara Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 481 2243786 alami-mulut-kering-atasi-dengan-4-cara-ini-LUUVbKdfxg.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Kondisi mulut kering memang membuat Anda tidak nyaman. Akibat mulut terasa kering, seseorang jadi kesulitan dalam menelan makanan bahkan mengalami bibir pecah-pecah, sariawan, dan bau mulut.

Untuk mengatasi mulut kering, cobalah minum setidaknya 2-3 liter air setiap hari. Selain air, sertakan juga cairan seperti air kelapa dan jus buah segar dalam makananmu.

Namun kamu jangan khawatir, terdapat sejumlah cara untuk mengatasi mulut kering. Apa saja? Berikut cara mengatasinya seperti dilansir dari Pink Villa:

1. Kumur-kumur

Melakukan kumur-kumur setiap hari dengan air hangat akan memberikan sedikit kelegaan dari masalah mulut kering. Campuran air hangat dan air liur dapat mengaktifkan kelenjar ludah untuk mengeluarkan air liur.

Ilustrasi bau mulut 

Baca juga: Potret Kenangan Aktris Naya Rivera Bersama sang Putra Sebelum Hilang di Danau

2. Mengonsumsi permen karet tanpa gula

Konsumsi makanan manis dapat membuat mulut kering. Mengunyah permen karet tanpa gula mungkin memberi bantuan jangka pendek dari mulut kering. Permen karet mengandung xylitol, yang membantu produksi air liur.

3. Minum jus lemon

Minum jus lemon setiap pagi, karena lemon bersifat asam dan dapat mengobati bau mulut serta membersihkan mulut. Ini merangsang produksi air liur, yang diperlukan ketika menderita masalah mulut kering.

4. Konsumsi rempah-rempah

Apabila kamu tak ada masalah mengonsumsi rempah-rempah, maka ini yang terbaik untukmu. Jika tidak tahan terhadap rempah-rempah, maka tambahkan lada, biji adas, kapulaga dalam makanan sebagai bantuan. Semoga masalah mulut keringmu bisa segera teratasi ya!

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini