Papa T Bob Meninggal Diduga Diabetes, Kontrol Gula Darah dengan Konsumsi Makanan Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 481 2244282 papa-t-bob-meninggal-diduga-diabetes-kontrol-gula-darah-dengan-konsumsi-makanan-ini-2pMvANSCl5.jpg Diet sehat untuk kontrol gula darah (Foto : Thedailymeal)

Pencipta lagu anak-anak era 90-an, Papa T Bob, meninggal dunia. Pria berusia 59 tahun tersebut diduga meninggal dunia akibat penurunan kondisi kesehatan akibat penyakit diabetes yang diderita.

Kabar duka ini tentu menyisakan kesedihan mendalam bagi bangsa Indonesia. Ya, sosok Papa T Bob adalah orang di balik keceriaan anak-anak. Lagu-lagunya akan selalu abadi sampai kapan pun.

Dalam pesan berantai yang beredar, Papa T Bob meninggal dunia pada Jumat, (10/7/2020), pukul 10.35 WIB. Untuk pemakamannya, diketahui dari pesan tersebut, jenazah Papa T Bob akan dimakamkan di Bintaro. Namun, belum ada info lanjutan.

Papa T Bob

Terlepas dari kabar menyedihkan ini, apa yang dialami Papa T Bob tentu harus menjadi pembelajaran siapa pun. Diabetes menjadi penyakit yang mematikan namun bisa dicegah, salah satunya adalah dengan mengontrol makanan.

Tapi, jika Anda memiliki orang tua dengan diabetes, menjaga kesehatan mereka tetap baik masih bisa dilakukan. Salah satu caranya adalah menjaga asupan makan secara ketat. Sebab, makanan tak diatur memengaruhi kondisi diabetes di dalam tubuh lansia.

Dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Apa saja?

1. Karbohidrat sehat

Susu Rendah Lemak

Jangan asal memilih karbohidrat untuk penderita diabetes lansia. Tapi, jangan kemudian Anda membatasi asupan karbohidrat hariannya. Sumber karbohidrat yang disarankan antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang polong, produk susu rendah lemak, dan pastikan untuk menghindari karbohidrat kurang sehat seperti makanan tinggi lemak, gula, dan natrium.

Baca Juga : Waspada, Pakai Sarung Tangan Dapat Beri Rasa Aman yang Salah dari Covid-19

2. Kaya serat

Makanan kaya serat juga baik untuk penderita diabetes lansia. Dengan kecukupan serat dalam tubuh, ini menjamin kadar gula darah panderita terkontrol dengan baik. Makanan tinggi serat itu antara lain sayur, buah, ikan (setidaknya makan ikan dua kali dalam seminggu), kacang-kacangan, maupun biji-bijian utuh.

3. Lemak sehat

Memang, penderita diabetes mesti membatasi lemak, tapi mengonsumsi lemak baik tidak ada salahnya. Lemak baik ini menurunkan kolesterol tubuh. So, apa saja makanan dengan lemak sehat? Ada alpukat, kacang, kanola, dan zaitun. Menjadi catatan, jangan terlalu banyak konsumsinya, karena bagaimana pun makanan ini mengandung lemak tinggi kalori.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini