Papa T Bob Meninggal Dunia Diduga Diabetes, Kenali Gejala Penyakitnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 481 2244330 papa-t-bob-meninggal-dunia-diduga-diabetes-kenali-gejala-penyakitnya-88Rqqj02Ja.jpg Kenali gejala diabetes sejak dini (Foto : Medicalnewstoday)

Musisi anak kenamaan Indonesia Erwanda Lukas atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Papa T Bob, menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 59 tahun. Ia meninggal dunia pada Jumat (10/7/2020) sekira pukul 10.30 WIB.

Sebelum meninggal dunia, Papa T Bob kabarnya mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit akibat penyakit diabetes yang dialaminya. Melansir dari Mayo Clinic, Jumat (10/7/2020), diabetes mengacu pada sekelompok penyakit yang mempengaruhi bagaimana tubuh menggunakan gula darah (glukosa).

Glukosa sangat penting bagi kesehatan manusia karena merupakan sumber energi penting bagi sel-sel yang membentuk otot dan jaringan. Ini juga menjadi sumber bahan bakar utama bagi otak.

Penyebab yang mendasari diabetes bervariasi berdasarkan jenisnya. Namun, apa pun jenis diabetes yang dimiliki seseorang menyebabkan kelebihan gula dalam aliran darah. Terlalu banyak gula dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Cek Gul Darah

Kondisi diabetes kronis termasuk diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 berpotensi reversibel termasuk prediabetes (ketika kadar gula darah Anda lebih tinggi dari normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk digolongkan sebagai diabetes).

Sementara diabetes gestasional, yang terjadi selama kehamilan mungkin dapat sembuh setelah bayi dilahirkan. Gejala Gejala diabetes bervariasi tergantung pada seberapa banyak gula darah seseorang meningkat.

Baca Juga : Kenali Jenis Diabetes, Penyakit yang Sebabkan Papa T Bob Meninggal Dunia

Beberapa orang, terutama mereka yang menderita prediabetes atau diabetes tipe 2, mungkin tidak mengalami gejala pada awalnya. Pada diabetes tipe 1, gejalanya cenderung datang dengan cepat dan lebih parah. Berikut beberapa tgejala diabetes tipe 1 dan tipe 2, di antaranya:

1. Rasa haus meningkat

2. Sering buang air kecil

3. Rasa lapar yang luar biasa

4. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

5. Adanya keton dalam urin (keton adalah produk sampingan dari kerusakan otot dan lemak yang terjadi ketika tidak ada cukup insulin yang tersedia)

6. Kelelahan

7. Sifat lekas marah

8. Penglihatan kabur

9. Penyembuhan luka yang lambat

10. Infeksi yang sering, seperti infeksi gusi atau kulit dan infeksi vagina

Diabetes tipe 1 dapat berkembang pada usia berapa pun, meskipun sering muncul selama masa kanak-kanak atau remaja. Sementara diabetes tipe 2, merupakan tipe yang lebih umum, dan dapat berkembang pada usia berapa pun, meskipun lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 40 tahun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini