8 Tips Aman Pekerja Kantoran di Era New Normal

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 481 2244374 8-tips-aman-pekerja-kantoran-di-era-new-normal-iWVkVQnaKc.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SEJAK dimulainya masa transisi new normal, tak sedikit orang menjalani aktivitas seperti biasa di luar rumah. Seperti pergi bekerja kembali, yang tentunya harus membuat Anda waspada terhadap penularan Covid-19. 

Saat bekerja di era new normal, Anda menghadapi situasi berbeda. Baik itu saat di perjalanan atau beraktivitas normal di kantor. 

Nah, saat new normal, Anda harus mengubah perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal. Yaitu dengan menambah protokol Kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Sayangnya, menurut Dr. Budhi Antariksa Ph.(D), Sp. P (K) dari Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI dan RS Persahabatan, saat ini di Indonesia belum sepenuhnya memenuhi syarat penerapan new normal. Namun pemerintah pusat dan daerah sedang berusaha untuk mencapainya.

"Masyarakat harus ikut berperan aktif membuat dan menerapkan protokol kesehatan pada tiap lini kehidupan di masa New Normal," kata Dr Budhi saat Diskusi Online Imboost Menyiapkan Kehidupan New Normal dengan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, baru-baru ini.

Ada 8 tips yang bisa Anda terapkan khususnya bagi pekerja kantoran yang berkegiatan di luar rumah saat masa transisi new normal. Dr Budhi akan  menjelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Baca Juga: WHO Sebut Virus Corona Airborne, Ini 4 Cara Tingkatkan Kualitas Udara di Ruangan

Wajib masker

masker

Pemerintah sudah mencanangkan wajib masker sejak lama. Masker kain jadi salah satu solusi pencegahan penularan Covid-19. Selain itu, menurut Dr Budhi, masker kain tergolong murah, bahkan bisa bikin sendiri di rumah. 

Jaga jarak

Jaga jarak sangat penting diterapkan saat Anda berada di kerumunan. Terlebih di masa transisi new normal lebih banyak orang akan beraktivitas di luar rumah seperti biasa. Jaga jarak sekira 1-2 meter dapat diterapkan di pasar, halte bus, stasiun, lift gedung, serta ruang kerja Anda.

Rajin cuci tangan

"Di masa transisi new normal, setiap gedung dan ruang publik punya fasilitas wastafel. Untuk itu, setiap memulai beraktivitas, makan atau hal lain, biasanya cuci tangan pakai sabun," kata Dr Budhi. 

Konsumsi suplemen tambahan

Kesehatan harus dijaga di masa pandemi, utamanya untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Paling utama konsumsi makanan sehari-hari dengan makanan nutrisi seimbang. 

"Karena aktivitias kembali meningkat di masa transisi new normal, tetapi risiko penularan Covid-19 masih tinggi, maka penting konsumi supemen dari luar makanan yang kita konsumsi sehari, contohnya suplemen dari alam," bebernya. 

Olahraga teratur

olahraga

Usahakan untuk berolahraga teratur sekira tiga kali seminggu. Pilih olahraga sederhana dan menyenangkan, seperti bersepeda, treadmill di rumah, berenang, jogging dan sebagainya.

Istirahat cukup

Sayangnya, di masa pandemi Covid-19 tak sedikit orang sulit tidur. Karena merasa di rumah saja maka pentingnya tidur diabaikan. Nah, di masa transisi, Anda harus mengatur kembali jam tidur agar tubuh lebih bugar

Bawa perlengkapan pribadi

Saat pergi bekerja bawa segala macam perlengkapan kebutuhan pribadi. Seperti alat makan dan minum, bawa peralatan sholat sendiri, helm, hygiene kit, masker pengganti dan sebagainya.

Tidak merokok

Disiplin menerapkan prilaku hidup sehat dan konsumsi suplemen, seperti imunomodulator sebagai tindakan preventif dalam situasi new normal. Lalu jangan merokok karena akan meningkatkan risiko dua kali lipat terpapar Covid-19. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini