5 Tips Naik Transportasi Umum di Tengah Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 481 2244382 5-tips-naik-transportasi-umum-di-tengah-pandemi-covid-19-BQrMC3MGvr.jpg Naik KRL (Foto: Okezone)

Transportasi umum memang menjadi primadona masyarakat perkotaan. Selain lebih murah, para pekerja tidak perlu bermacet-macetan di jalanan ibu kota.

Bahkan selama pandemi virus corona Covid-19 transportasi publik masih ramai digunakan masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang ikut berdesak-desakan saat menaiki transportasi umum di tengah pandemi Covid-19.

Merangkum dari Life Hack, Jumat (10/7/2020) berikut tips yang bisa Anda lakukan saat menaiki transportasi umum yang penuh sesak.

naik KRL

1. Kenali transportasi umum Anda

Sangat penting untuk memahami secara detail sistem transportasi umum yang Anda inginkan. Biasanya, ada beberapa rute yang membawa Anda ke tujuan yang diinginkan. Lalu lintas pada rute tertentu dapat bervariasi tergantung pada waktu hari dan frekuensi transportasi.

2. Pindah ke bagian tengah

Begitu masuk ke dalam bus atau mobil kereta, pindahlah ke bagian tengah. Berdiri di atau dekat pintu masuk bukanlah strategi yang baik, karena orang-orang akan terus bergerak di daerah-daerah itu, yang menghasilkan lebih banyak dorongan.

Baca juga: Rela Antre 5 Jam demi Bakso Lobster Viral, Dave Taslim: Saking Ramainya Pernah Digerebek Satpol PP

3. Jangan lupa berpegangan

Saat bus atau kereta yang penuh sesak, tanpa tempat duduk, pastikan Anda menemukan tempat berdiri terbaik. Pastikan itu dekat tiang atau pegangan, yang bisa dipegang. Berpegang pada tiang tak hanya mencegah Anda jatuh jika terjadi sentakan dan dorongan yang tidak terduga.

4. Hindari meludah

Selama di transportasi umum kita wajib untuk menjaganya tetap bersih. Hindari meludah, tetap pakai masker di dalam bus atau kereta api. Tutup mulut Anda saat bersin atau batuk di tempat yang ramai untuk mencegah penyebaran kuman.

5. Waspadai barang-barang pribadi

Simpan barang bawaan yang Anda bawa sebaik mungkin. Simpan dompet, ponsel, dan barang-barang mahal lainnya di dekat tubuh Anda. Jika Anda memiliki barang-barang mahal di dalam koper, jangan meninggalkannya di rak di atas kepala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini