Wabah Masa Lalu Beri Pelajaran Pemerintah untuk Hadapi Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 481 2244579 wabah-masa-lalu-beri-pelajaran-pemerintah-untuk-hadapi-pandemi-covid-19-8CYQjwFgXX.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Technology News World)

Sebelum berperang melawan pandemi Covid-19, Indonesia telah dihadapkan oleh beberapa wabah yang tak kalah berbahaya di masa lalu. Beberapa penyakit tersebut adalah Sars CoV, H5N1 (Flu burung), H1N1 (Flu babi) dan Mers Cov.

Tentunya beberapa penyakit yang pernah mewabah tersebut memberikan banyak pelajaran berharga bagi pemerintah Indonesia. Terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia sejak awal Maret 2020.

 Pandemi virus corona

Duta Tanggap Flu Burung 2006-2009, Muhammad Farhan mengatakan, komunikasi publik adalah ujung, sementara pangkalnya adalah mengenai terintegrasinya strategi nasional yang dipimpin langsung oleh pimpinan tertinggi.

“Waktu itu kita tidak mengalami kepanikan karena memang sudah mendeteksi dari awal. Sehingga ketika masuk ke komunikasi publik, saya di bagian ujung kayaknya sudah tahu banget apa yang harus kita lakukan,” terang Farhan, dalam siaran langsung di Gedung Graha BNPB, Jumat (10/7/2020).

Farhan mengatakan, timnya juga sudah mengidentifikasi kelompok masyarakat mana saja yang rentan terhadap virus flu burung kala itu.

Baca juga: Rela Antre 5 Jam demi Bakso Lobster Viral, Dave Taslim: Saking Ramainya Pernah Digerebek Satpol PP

 

“Kemudian kami membuat berbagai macam strategi komunikasi mulai dari komunikasi media. Mix media yah waktu itu, karena belum berpikir multimedia karena media internet kan belum seluas sekarang. Sosial media juga baru lahir tahun segitu,” pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini