Pelihara Ikan Cupang saat Pandemi? Bikin Aquascape Sekalian Saja!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 196 2244654 pelihara-ikan-cupang-saat-pandemi-bikin-aquascape-sekalian-saja-uxNVgJ02qG.jpg Aquascape dengan ikan cupang (Foto : Istimewa)

Entah bagaimana tiba-tiba banyak selebriti yang pelihara ikan cupang di rumahnya. Bahkan, Ashanty memperlakukan ikan cupangnya seperti bagian dari keluarganya.

Ya, Ashanty sempat dikabarkan sangat sedih karena ikan cupang peliharaannya mati. Bahkan, dia menyediakan pemakaman ikan kesayangannya tersebut.

Di sisi lain, pandemi Covid-19 ini memang membuat orang-orang melakukan hal baru. Tak terkecuali seperti yang dilakukan Abdul Hakim. Pria satu ini mulai menjalani hobi barunya, yaitu membuat aquascape.

Hobi barunya itu dia mulai sejak April 2020. Semua gara-gara pandemi. "Mulai coba dunia aquascape saat Covid-19 lagi rame-ramenya. Buat ngisi kesibukan saja," tutur Akim, sapaan akrabnya, kepada Okezone, Jumat 10 Juli 2020.

Hobi baru ini dia pelajari sepenuhnya dari YouTube. Akim menjelaskan, di April itu banyak seniman aquarium bermunculan dan dia mengaku tertarik untuk ikut mempelajari ilmu baru tersebut.

Baca Juga : Mau Pelihara Cupang Hias? Simak Tipsnya agar Dapat Warna yang Keren

Banyak hal baru yang dia dapatkan, termasuk bagaimana menata aquascape sesuai karakter pemiliknya. Karena Akim pemula sekali, dia memilih menggunakan tanaman anubias, karena tidak butuh media tanam pasir.

"Jadi, buat yang pemula tuh bisa mulai dari yang sederhana dulu. Anubias itu cocok banget. Jadi, Anda cuma butuh bantuan air, tanaman itu bisa tumbuh, walaupun enggak begitu subur ya," paparnya.

Aquascape

Nah, Akim sendiri menambahkan aksesori lainnya agar aquariumnya semakin menarik. Dia menambahkan batu besar, kayu segani dan pasir. Bahkan, Akim menata sendiri kayu tersebut mengelilingi batu.

"Itu ada filosofinya, saya ingin penampakan luarnya si kayu itu bukan seperti batang, tapi terlihat seperti akar tanaman. Makanya, dibuat mengikat batunya," tambah dia.

Dari belajar aquascape ini, Akim pun sadar bahwa jangan langsung taruh ikan di akuarium setelah membelinya. Terlebih aquarium yang Anda miliki baru saja dibuat.

"Temen-temen harus tahu, air saat pertama aquascape didesain pasti jadi keruh atau kotor, air juga tercemar bahan kimia apabila Anda gunakan lem atau perekat untuk menempelkan tanaman hias pada hardscape ataupun hardscape itu sendiri. Saya sendiri pernah hampir ngebunuh ikan cupang atau beta fish gara-gara keracunan lem," paparnya.

Untuk bisa mendapatkan tampilan aquascape yang dia buat, Akim mengeluarkan dana sebesar Rp200 ribuan. Menurutnya itu sudah cukup sekali bagi pemula. "Inget, pintar-pintar cari toko yang murah ya. Syukur-syukur bisa nego lagi," sarannya.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini