Tak Perlu Keluar, Kegiatan Motorik Anak Bisa Dilatih di Dalam Rumah Kok

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 196 2244911 tak-perlu-keluar-kegiatan-motorik-anak-bisa-dilatih-di-dalam-rumah-kok-M7FLEXRHsi.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEMINIMALISIR rasa bosan anak saat di rumah saja menjadi satu tantangan tersendiri bagi orangtua. Terlebih bagi anak balita yang belum bisa memilih aktivitas sesuai dengan kemauan atau kebutuhannya.

Untuk itu, orangtua membuat skema kegiatan yang bervariasi. Kegiatan tersebut dapat bersifat kognitif, afektif, sosial, maupun psikomotorik, yang disesuaikan dengan usia anak.

Dijelaskan Psikolog Perkembangan Anak Universitas Gadjah Mada, Aisah Indati, ada banyak kegiatan yang seru untuk anak saat di rumah saja. Misalnya, mengingat cerita atau pengalaman yang dulu pernah dilakukan anak untuk meningkatkan kognitifnya.

"Sedangkan kegiatan yang mengasah afeksi anak, orangtua bisa memilih menyanyi, menari, ataupun bermain peran bersama orangtuanya," kata Aisah lewat keterangan resmi yang diterima Okezone.

Sementara, tambah Aisah, kegiatan menggambar dan mewarnai, bermain puzzle, merupakan kegiatan yang bisa memadukan unsur psikomotorik dan sosial. Orangtua harus bisa bijak, dengan memilih jenis kegiatan yang sesuai dengan umur dan kebutuhannya.

Puzzle

"Sayangi mereka, karena perhatian itu sangat dibutuhkan dimasa saat ini, terangnya.

Aisah mengatakan, kegiatan menggambar dan mewarnai dipercaya dapat merangsang perkembangan emosional dan sosial. Ekspresi tentang apa yang sedang dipikirkan maupun rasakan, akan lebih mudah tersalurkan dibandingkan dengan komunikasi verbal.

"Hal ini tentu sejalan karena saat ini anak-anak membutuhkan media yang baik untuk mengekspresikan perasaan mereka dengan sangat sederhana," imbuhnya.

Ditambahkan Public Relations Manager Faber-Castell International Indonesia, Andri Kurniawan, kegiatan menggambar dan mewarnai juga dinilai sangat baik untuk membangun kreativitas anak. Apabila dilakukan secara bersama-sama orangtua, tentunya menjadi kegiatan mengasyikan dan dapat membangun kembali bonding antara orang tua dan anak.

Mewarnai

Bila kesulitan, orangtua dapat mencari ide di media sosial atau meminta bantuan art therapist. Anda pun dapat berbagi pengalaman dan ilmu.

"Lalu ada juga kegiatan workshop kreatif yang dilakukan secara daring yang baik untuk anak-anak," pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini