WHO: Dalam 6 Minggu Terakhir Pasien Covid-19 Naik 2 Kali Lipat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 481 2244815 who-sebut-dalam-2-minggu-terakhir-pasien-covid-19-naik-2-kali-lipat-F70loXScYF.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENDERITA virus corona Covid-19 semakin bertambah setiap harinya. Meski demikian, beberapa wilayah di Indonesia, terutama Jakarta, sudah mulai beroperasi normal.

Hal ini dilakukan agar roda ekonomi masyarakat dapat berputar kembali. Memang, bukan hanya di Indonesia yang mulai membuka kembali roda perekonomian, tapi juga negara-negara lain.

Tidak heran, World Health Organization (WHO) menyebut bahwa kasus positif Covid-19 telah berlipat ganda dalam enam minggu terakhir.

Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal WHO, mengatakan pandemi Covid-19 ternyata masih belum mencapai puncaknya. Dia memperingatkan coronavirus tidak terkendali "di sebagian besar dunia" dan pada kenyataannya "semakin buruk". Menurutnya, jumlah total kasus virus corona di seluruh dunia telah naik dua kali lipat dalam enam minggu terakhir.

"Virus ini telah mengalahkan beberapa sistem kesehatan di beberapa negara terkaya di dunia, sementara di beberapa negara virus ini dapat tertangani dengan cara yang sederhana," jelasnya seperti dilansir dari The Sun.

"Tapi di sebagian besar dunia virus tidak terkendali. Ini semakin buruk. Lebih dari 11,8 juta kasus Covid-19 kini telah dilaporkan kepada WHO. Lebih dari 544.000 jiwa telah hilang. Dan pandemi ini masih terus meningkat. Jumlah kasus meningkat dua kali lipat dalam enam minggu terakhir," kata dia.

Hal ini, tidak terlepas dari relaksasi aturan karantina sebagian besar wilayah di dunia, dan disambut baik oleh tokoh-tokoh politik dan industri pariwisata.

Di Inggris, pusat kebugaran dan fasilitas olahraga lainnya akan dibuka mulai 25 Juli. Sementara bioskop, opera, tarian dan musik juga akan dibuka, meskipun jumlah penonton akan dibatasi.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini