Covid-19 Bisa Menyebar Airborne, Waspadai Orang yang Tak Mau Pakai Masker

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 481 2244846 covid-19-bisa-menyebar-airbone-waspadai-orang-yang-tak-mau-pakai-masker-Nhenid6scw.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WORLD Health Organization (WHO) telah membenarkan bahwa virus corona bisa menyebar melalui udara atau secara ariborne. Oleh karena itu, kita pun diminta tetap menggunakan masker ketika bekerja di ruangan tertutup.

Kabar bahwa virus corona menyebar lewat udara membuat masyarakat menjadi khawatir, bahkan saat berada di rumah. Jika sebelumnya diam di rumah saja merupakan cara yang paling aman, kini mereka merasakan kecemasan karena masih takut tertular.

Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa RS Royal Trauma N. Saelan Tadjudin Sp.KJ mengatakan, masyarakat memang mau tidak mau harus menerima keadaan tersebut. Tetapi, setidaknya di rumah tetap lebih baik dari pada di luar.

"Pastikan saja sirkulasi udara berjalan dengan baik. Yang perlu dicemaskan itu jika ada anggota keluarga yang gemar bepergian terlebih tidak mau pakai masker," katanya kepada Okezone.

Mereka yang tidak memakai masker tentu saja berpotensi lebih besar terkena virus corona. "Itu bisa menimbulkan risiko penularan. Karena kita tidak tahu apakah dia bawa virus atau tidak," tambah dia.

Sebelumnya, Jubir Percepatan Penanganan Covid-19, Ahmad Yurianto meminta masyarakat untuk memastikan sirkulasi udara di kediaman masing-masing berjalan dengan baik. Sehingga, setiap saat udara yang ada di dalam ruangan bisa tergantikan dengan udara baru yang lebih segar.

Yuri meminta masyarakat untuk bisa memastikan bahwa udara di rumahnya bisa bersirkulasi dengan baik. Masyarakat bisa menggunakan kipas agar udara bisa terus bergerak keluar jendela.

"Ini adalah upaya upaya kita agar udara yang terjebak di ruang kerja tidak bertahan sampai berhari-hari tanpa ada sirkulasi yang memadai," jelas Yuri.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini