Cari Hobi Menguntungkan? Pelihara Lele dalam Ember Yuk, Bisa Sekalian Tanam Kangkung!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 612 2244650 cari-hobi-menguntungkan-pelihara-lele-dalam-ember-yuk-bisa-sekalian-tanam-kangkung-acisdR1dK1.jpg Pelihara lele sekaligus tanam kangkung (Foto : Istimewa)

Sedang mencari kesibukan baru yang menguntungkan? Kenapa tidak mencoba membudidayakan lele tapi di dalam ember.

Ya, apakah Anda tahu bahwa Anda bisa memelihara lele hanya di dalam ember. Jadi, tak butuh empang jika Anda ingin memulai untuk membudidayakan lele. Bahkan, menurut Athi, seorang pemilik lele ember asal Lamongan, dari kegiatan tersebut Anda bisa sekalian bercocok tanam.

"Aku sebetulnya bahkan niat awalnya mau bercocok tanam, tapi sadar enggak punya lahan yang luas, jadi pilih hidroponik. Nah, medium yang cocok sama aku ternyata lele ember ini," ungkap Athi saat dihubungi Okezone, Jumat 10 Juli 2020.

Pelihara Lele

Lantas, ember seperti apa sih yang diperlukan untuk memulai hobi menguntungkan ini?

Menurut penjelasan Athi, dia menggunakan ember yang kapasitasnya 70 liter. Di dalam ember itu, dia memelihara 40 hingga 50 bibit lele. Jumlah yang cukup banyak bukan untuk satu ember?

Baca Juga : Potret Kenangan Aktris Naya Rivera Bersama sang Putra Sebelum Hilang di Danau

Jadi, proses kerjanya, tanaman kangkung yang ingin ditanam ditempatkan di sebuah wadah berisi arang. Lalu, sebagian wadah tersebut menyentuh air dan dari situlah terjadi proses tumbuhnya kangkung.

"Ilmu ini aku pelajari dari komunitas yang ada di Facebook dan ternyata walau aku hitungannya masih sangat baru, yaitu mulai pas Puasa Ramadhan kemarin, aku udah bisa panen kangkung. Baru saja kemarin aku potong kangkung," ceritanya.

Pelihara Lele

Bagi Anda yang mau ikut mencoba hobi lele ember ini, sangat disarankan untuk mempelajari ilmunya sebelum menjajal. Meski terdengar mudah, tetap saja harus dibekali informasi supaya hasilnya nanti baik.

"Aku manen kangkung kutilang kemarin. Ya, karena kurang dapet cahaya matahari juga. Ini waktunya enggak tentu, asal udah panjang aku potong. Nah, kalau lelenya butuh waktu 3 bulan sampai besar hingga akhirnya bisa dimakan atau dibagikan ke tetangga," paparnya.

Hobi ini mendatangkan kesempatan untuk kolaborasi, lho, sambung Athi. Maksudnya, ketika Anda hanya mau fokus pada kangkung, maka lelenya bisa dikelola orang lain. "Jadi, ada dua keuntungan di sini. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui," tutupnya.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini