4 Cara Hindari Depresi, daripada Pura-Pura Bahagia

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 612 2244918 4-cara-hindari-depresi-daripada-pura-pura-bahagia-X6ozuwaEEP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang memilih pura-pura bahagia untuk menutupi kesedihan yang ada di kehidupan mereka. Tapi, tahukah Anda bahwa pura-pura bahagia bisa menyebabkan penyakit mental?

Dokter Zaidul Habibah yang dikutip dari akun Instagram @meaningful.me mengatakan, secara tidak sadar jiwa Anda akan merasa tertekan jika berpura-pura. "Jika selalu tertekan, maka dapat menimbulkan stres atau depresi," tulisnya.

Oleh karena itu, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya mencegah dengan cara berikut.

Jujur terhadap diri sendiri

Coba jujur terhadap diri sendiri tentang apa yang sebenarnya tengah Anda rasakan. Jangan takut untuk mengenali perasaan diri sendiri dan mengekspresikannya.

Semakin ditekan ke dalam atau dipendam, perasaan negatif itu hanya akan membentuk unfinished business baru, seiring berjalannya waktu. Jadi akui perasaan itu, ekspresikan dan kelola dengan cara yang tepat.

stres

Bersyukur

Mungkin saat ini Anda sedang dirundung masalah yang menyebabkan turunnya level bahagia dalam diri. Tapi bukankah akan selalu ada hal lain untuk bisa disyukuri hari ini?

Diskusi dengan orang terdekat

Coba lebih sering lagi untuk berdiskusi dengan orang terdekat. Tidak ada salahnya membagi keluh kesah terhadap orang yang Anda percayai. Hal ini biasanya juga akan membuat perasaan Anda lebih lega.

Lakukan hobi

Jangan lupakan hobi Anda. Beri dirimu waktu untuk menikmati hari juga ya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini