5 Manfaat Alpukat, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 02:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 298 2245176 5-manfaat-alpukat-salah-satunya-bantu-turunkan-berat-badan-uTcMHIkUJj.jpg Alpukat (Foto: Pixabay)

Apa buah favoritmu? Apakah kamu doyan makan alpukat? Ya, memang buah satu ini memiliki kenikmatan sendiri bisa diolah jadi jus, salad, atau olahan makanan.

Ternyata tak hanya rasanya yang lezat, buah berwarna hijau ini juga terkenal karena kandungan gizinya. Tak heran jika banyak orang menyukai buah alpukat karena kandungan gizi dan nutrisi buahnya yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut 5 manfaat alpukat yang bermanfaat untuk kesehatan yang di rangkum dari Healthline.

alpukat

1. Mengandung banyak gizi

Beberapa kandungan nutrisi berlimpah terkandung dalam 100 gram buah alpukat antara lain Vitamin K 26%, Folat 20 %, Vitamin C 17%, Kalium 14%, Vitamin B5 14%, Vitamin B6 13%, Vitamin E 10%.

Alpukat juga mengandung magnesium, mangan, tembaga, besi fosfor dan vitamin A, B1, B2 dan B3. Alpukat kaya akan serat dan lemak sehat dan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan kesehatan tubuh.

2. Menjaga kesehatan mata

Alpukat mengandung antioksidan tinggi, termasuk lutein dan zeaxanthin jenis vitamin yang disebut karotenoid. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan mata dan menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak. Buah berwarna hijau ini juga mengandung antioksidan berupa beta-karoten.

Baca juga: Westny DJ Membersihkan Segala Karma Buruk Lewat Tradisi Melukat

3. Mengurangi risiko terkena kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam alpukat mungkin memiliki manfaat dalam mencegah kanker prostat dan menurunkan efek samping kemoterapi. Alpukat juga mengandung asam folat yang tinggi, para peneliti percaya bahwa asam folat melindungi sel terhadap mutasi yang tidak diinginkan dalam DNA dan RNA selama pembelahan sel.

4. Membantu turunkan berat badan

Alpukat dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Menyantap sebuah alpukat akan membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga jumlah kalori yang diasup jadi lebih sedikit.

Buah alpukat juga tinggi serat dan karbohidratnya sangat rendah, sehingga dapat membantu mendorong penurunan berat badan. Nah, bagi Anda yang sedang jalani diet, menyantap buah alpukat bisa dimasukkan dalam daftar menu makanan sehat ya!


5. Mengurangi kolesterol

Alpukat juga bermanfaat membantu turunkan kolesterol. Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan mengonsumsi alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), menurunkan trigliserida darah serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, mengonsumsi alpukat dapat dilakukan sebagai upaya menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini