4 Cara agar Anda Tampak Lebih Percaya Diri saat Berbicara di Tempat Kerja

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 196 2245539 4-cara-agar-anda-tampak-lebih-percaya-diri-saat-berbicara-di-tempat-kerja-AWUx3CPWZ8.jpg Berbicara di tempat kerja (Foto: Option Your Choices Your Future Logo)

Bekerja di kantor baru sering membuat orang kurang percaya diri ketika ingin berbicara ataupun menyampaikan ide. Ini merupakan hal yang wajar karena sesungguhnya setiap orang membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Guna membuat Anda terlihat lebih percaya diri ketika berbicara di tempat kerja, Anda bisa menerapkan cara sederhana berikut ini seperti dilansir dari laman Times of India pada Senin (13/7/2020).

Rapat

1. Bicara secara perlahan

Sebagian orang akan berbicara dengan cepat ketika mereka merasa gugup. Berbicara terlalu cepat dapat menunjukkan kurangnya otoritas dan rasa percaya diri. Orang berbicara dengan cepat disebabkan karena kurangnya waktu latihan dan berpotensi mengalami kegagalan.

Untuk itu, bicaralah secara perlahan dan fokuslah pada setiap kata yang keluar dari mulut Anda. Ini membuat lawan bicara lebih mudah untuk menyerap informasi dari Anda.

2. Gunakan jeda saat berbicara

Menggunakan jeda saat Anda berbicara adalah strategi lain yang dapat membantu Anda memikirkan kata-kata. Berusahalah secara kreatif menggunakan jeda agar lebih mempengaruhi pembicaraan Anda.

Jika Anda berbicara di depan umum atau mempresentasikan proyek kepada klien, Anda mungkin ingin memanfaatkan banyak jeda pada waktu yang tepat untuk membuat klien memahami Anda dengan baik. Mereka akan berkonsentrasi pada apa pun yang Anda katakan, jadi pastikan Anda mengucapkan setiap kata dengan jelas dan juga jeda yang teratur. Hal ini akan membuat diri Anda terlihat lebih berwibawa.


3. Turunkan volume suara

Sebagian besar pembicara terbaik memiliki nada suara yang lebih rendah. Karena hal tersebut membuat mereka terdengar lebih percaya diri dan berwibawa.

Anda bisa berlatih vokal untuk menghasilkan nada suara yang bagus. Tetapi jangan berbicara dengan nada suara yang terlalu rendah karena itu akan membuat Anda terlihat tidak natural.

Baca juga: Gaya Tara Basro dan Daniel Adnan Kompak Pakai Daster, Netizen: The Real Uwu

4. Perhatikan gestur tubuh

Ini bukan hanya tentang apa yang Anda katakan, tetapi juga tentang bagaimana Anda terlihat saat berbicara. Saat Anda berada dalam acara formal, akan lebih baik jika Anda duduk dengan punggung lurus, atau berdiri dengan bahu terentang ke kanan dan lakukan kontak mata dengan setiap orang yang Anda hadapi. Bahu yang bungkuk atau punggung bungkuk akan membuat kesan kepada audiens bahwa Anda tidak serius.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini