Legenda Gudeg Jogja Mbah Lindu Meninggal, Simak 4 Faktanya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 298 2245605 legenda-gudeg-jogja-mbah-lindu-meninggal-simak-4-faktanya-qR9ycAv71z.jpg Mbah Lindu. (Foto: Twitter @warpopski)

KABAR duka datang dari dunia kuliner Indonesia. Penjual gudeg legendaris asal Yogyakarta, Biyem Setyo Utomo atau Mbah Lindu, meninggal dunia pada Minggu 12 Juli 2020 pada pukul 18.00 WIB.

Mbah Lindu meninggal di usianya yang ke-100 tahun. Bagi pencinta kuliner Nusantara, tentu sudah tidak asing lagi mendengar namanya.

Mbah Lindu merupakan penjual gudeg tertua di Yogyakarta yang sangat dihormati. Saking legendarisnya, kisah Mbah Lindu sempat ditampilkan dalam film dokumenter bertajuk 'Street Food: Asia' besutan Netflix.

Nah, untuk mengenang kembali sosok Mbah Lindu, berikut Okezone rangkumkan4 fakta menariknya, seperti dirangkum dari Boombastis dan berbagai sumber, Senin (13/7/2020).

mbah lindu

Berjualan sejak remaja

Tak banyak yang tahu, Mbah Lindu ternyata sudah berjualan gudeg sejak masih remaja, tepatnya di usia 13 tahun. Beliau menjajakan kuliner khas Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut kepada kaum pribumi di masa penjajahan Belanda dan Jepang.

Baca Juga: Berikan MPASI di Usia 5 Bulan, Shandy Aulia: My Baby My Rules

Memasak sendiri

Meski usianya sudah hampir 1 abad, Mbah Lindu tetap memasak sendiri gudeg yang hendak dia jajakan. Itulah sebabnya, cita rasa gudeg Mbah Lindu tetap terasa lezat dan konsisten. Bahkan sebelum dia menghembuskan napas terakhir, Mbah Lindu dikabarkan sempat terjatuh saat sedang memasak. Benar-benar dedikasi yang sangat tinggi ya, Okezoners!

Harga terjangkau

Selain dikenal lezat, gudeg Mbah Lindu juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Bila di zaman penjajahan lima bungkus gudeg dibanderol seharga satu sen, sekarang harga satu bungkus gudeg mulai dari Rp15 ribu - Rp20 ribu sesuai dengan pilihan lauknya. Murah banget kan!

Ucapan duka

Sejak kabar meninggalnya Mbah Lindu tersiar di media sosial, berbagai ucapan belasungkawa langsung disampaikan oleh sejumlah netizen. Termasuk Food Consultant, Ari Parikesit. Bahkan, unggahan Ari lah yang membuat kabar kepergian Mbah Lindu viral di media sosial.

"Sugeng tindak Mbah Lindu, yuswa 100 tahun. Inna lillahi wa inna ilaihi ra'jiun," tulis Ari Parikesit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini