Daripada Antre Berjam-jam, Coba Aja Resep Bakso Lobster Viral di Rumah

Vina Destya, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 298 2245613 daripada-antre-berjam-jam-coba-aja-resep-bakso-lobster-viral-di-rumah-MgLLERZFqU.jpg Bakso Lobster. (Foto: YouTube Mainingroom TV)

BAKSO lobster yang sempat viral di media sosial ini masih terus diburu oleh pembeli. Bakso yang disajikan dengan satu ekor lobster yang utuh ini awalnya dijual oleh pedagang bakso di Bekasi.

Sempat viral beberapa waktu, membuat penjual pernah diisukan menjual plastik, tetapi kabar tersebut tetap membuat bakso lobster ini digemari dan membuat penasaran masyarakat. Bakso yang dihargai Rp40 ribu ini masih ramai, bahkan banyak resep bakso lobster dibagikan oleh pencinta kuliner.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu channel YouTube Mainingroom Tv. Dalam video ini dijelaskan bahan apa saja yang dibutuhkan dan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat bakso lobster. Berikut Okezone coba rangkum bahan dan langkah-langkahnya:

bakso lobster

Baca Juga: Gara-Gara Viral, Antrean Bakso Lobster Bisa Sampai 5 Jam

Bahan untuk bakso lobster:

5 ekor lobster

500 gr daging sapi

70 gr es batu

1 sdt baking powder

2 sdm bawang putih goreng

5 sdm tepung sagu atau bisa juga menggunakan tepung tapioca

1 butir putih telur

Untuk bahan tambahan lainnya, bisa digunakan ataupun tidak sesuai dengan selera masing-masing. Berikut bahan untuk tambahan dan kuah bakso,

1 bungkus mi telur

1 ikan sawi hijau

1 batang seledri

Bawang goreng

Kuah:

100 gr kaldu (sandung lamor)

3 siung bawang putih

1 sdm garam

1 sdm penyedap rasa

½ sdm gula pasir

Selanjutnya, langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat bakso lobster antara lain:

1. Bersihkan lobster, lalu masukkan lobster yang sudah bersih pada air mendidih sampai matang. Setelah matang (lobster berubah warna) angkat lalu tiriskan;

2. Kemudian, lanjutkan dengan cara membuat bakso. Pertama masukkan daging sapi yang sebelumnya sudah dipotong kecil dan es batu ke dalam blender. Lalu haluskan;

3. Setelah daging sapi cukup halus, masukkan putih telur, garam, baking powder, bawang putih goreng, dan tepung sagu atau tepung tapioca, lalu campur bahan-bahan tersebut;

4. Setelah bahan-bahan tersebut tercampur dan halus, pindahkan adonan bakso yang kemudian akan dicetak bersama lobster;

5. Adonan bakso dan lobster disatukan, caranya dengan membuat bentuk bulat di area badan lobster. Sehingga yang terlihat hanya bagian kepala lobsternya saja. Jangan lupa menyiapkan air panas juga, agar adonan bakso dan lobster yang sudah menyatu bisa langsung dimasukkan ke air yang panas tersebut;

Perlu diingat juga, bahwa yang disiapkan hanya air panas. Bukan air mendidih yang berada di atas kompor. Karena akan membuat adonan bakso menjadi pecah.

Setelah adonan bakso lobster semua tercetak, saatnya membuat kuah. Pertama yang perlu dilakukan adalah memasukkan sandung lamur atau bagian dada bawah sapi yang berada di dekat kaki depan ke dalam air yang mendidih. Sandung lamur ini nantinya akan dijadikan kaldu.

Setelah beberapa saat (sampai air semakin mendidih dan sandung lamur berubah warna) masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, penyedap rasa utamakan rasa sapi, gula pasir. Tunggu sampai bahan-bahan tadi tercampur dan matang, sehingga menjadi kuah bakso yang wangi.

Siapkan bahan tambahan seperti mie, seledri, sawi hijau dan bawang goreng untuk dicampurkan dengan bakso lobster.

Bakso lobster siap untuk di-plating, dan dinikmati! Tentunya resep ini cocok bagi kalian yang senang memasak makanan baru atau yang sedang viral untuk mengisi waktu luang di rumah. Apakah kamu sudah atau baru tertarik untuk membuatnya di rumah?

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini