6 Tips Siapkan Bekal untuk Anak Sekolah

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 298 2245659 6-tips-siapkan-bekal-untuk-anak-sekolah-BY47CW6P8N.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SEBAGIAN sekolah di zona hijau Covid-19 sudah kembali belajar di sekolah. Pastinya orangtua harus mempersiapkan bekal untuk anak dengan makanan bergizi.

Pada masa transisi new normal perubahan perilaku pasti akan terjadi. Termasuk anak-anak pun yang pergi ke sekolah sebaiknya tidak jajan sembarangan.

Karena itu, menurut Ahli Gizi dari Siloam Hospitals Putera Bahagia Cirebon, Sherly Silvi Kampi, AmdGz, anak-anak harus mengikuti pola makan sehat saat kembali bersekolah. Mereka juga harus diberi penyampaian akan perilaku baru ini.

"Prinsip gizi anak sekolah pada masa new normal tetap harus diperhatikan para ibu guna mempersiapkan bekal makan bagi sang buah hati," ujar Sherly lewat keterangan resmi yang diterima Okezone.

bekal makanan

Baca Juga: Murid di Zona Hijau Covid-19 Sekolah Lagi, 6 Hal Ini Wajib Diperhatikan

Sherly melanjutkan, ada beraneka ragam ide bekal makan anak yang sehat. Bekal anak harus berupa makanan pokok, lauk pauk, sayuran termasuk buah-buahan.

Di sekolah perilaku hidup bersih pun harus disampaikan kepada anak. Contohnya sering melakukan cuci tangan di setiap aktivitasnya dan wajib masker.

Pada kesempatan ini, Sherly juga memberikan sejumlah anjuran dan saran bagi orangtua guna mempersiapkan bekal makanan anak sekolah. Berikut 6 tipsnya yang bisa Anda simak.

1. Sajikan menu yang dipilih anak (libatkan anak, sesuaikan dengan kondisi).

2. Porsi sesuai dengan kecukupan gizi anak (acuan gizi seimbang).

3. Pilih bahan pangan sumber zat gizi dengan kualitas baik (jangan layu/sudah tidak segar, berubah warna, aroma, rasa, tekstur).

4. Selalu jaga hygiene dan sanitasi.

5. Perhatikan penampilan (pangan bekal, wadah/perlengkapan bekal).

6. Ingatkan anak dengan gizi seimbang agar anak bisa untuk memadu padankan menu bekal yang dibawa dengan jajanan yang akan dibeli.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini