4 Rekomendasi Kuliner Jogja ala Awkarin, Cita Rasanya Sulit Dilupakan Lidah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 298 2245726 4-rekomendasi-kuliner-jogja-ala-awkarin-cita-rasanya-sulit-dilupakan-lidah-g3s2286Hs9.jpg Awkarin kulineran di Jogja (Foto : @awkarin/Instagram)

Selebgram Awkarin sedang jatuh cinta dengan kuliner khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Belum lama ini, Awkarin memang sempat mengunjungi Yogyakarta untuk menikmati momen liburan singkat.

Selain menjajal sejumlah objek wisata seperti Goa Pindul, Gunung Merapi, dan Candi Prambanan, Awkarin juga meluangkan waktu khsusus untuk kulineran. Tak tanggung-tanggung, ada 4 jajanan dan kuliner khas Yogyakarta yang dia cicipi.

Menariknya, Awkarin tak hanya sekadar datang untuk menikmati keempat hidangan lezat tersebut. Dia menjelaskan secara detail keunikan rasa hingga harganya seperti seorang food blogger profesinal. Jadi penasarankan, apa saja 4 kuliner khas Yogyakarta yang direkomendasikan Awkarin? Berikut ulasannya.

Sop Pak Min

Awkarin

Buat warga lokal atau para pendatang yang pernah tinggal lama di Yogyakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan warung Sop Pak Min. Warung ini menyuguhkan olahan sop ayam yang lezat dan super gurih dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp15 ribuan saja.

Nah, dalam keterangan foto yang ditulisnya, Awkarin ternyata sudah ngidam Sop Ayam Pak Min Klaten dari Januari lalu.

"Kembali lagi di Sop Ayam Pak Min Klaten! Hwaaa sudah dari terakhir, Januari, pengen banget makan sop ayam ini lagi. Dan kesampaian akhirnya, sama my favorite hooman lagi 🥰❤️," tulisnya.

Baca Juga : Intip Awkarin dan Anak Menteri Wishnutama Makan Angkringan di Yogyakarta

Angkringan KR

Awkarin

Liburan ke Yogyakarta memang belum afdol kalau belum mampir jajan angkringan sembari menikmati suasana malam di kota istimewa itu. Awkarin pun melakukannya lho Okezoners! Dia sempat mampir menikmati beragam sajian sate-satean, gorengan, dan hidangan lain khas angkringan. Kali ini dia memilih Angkringan KR yang memang sudah sangat populer di kalangan wisatawan.

Dalam keterangan fotonya, Awkarin menjelaskan bahwa keunikan menyantap makanan di angkringan adalah nuansa kesederhanaannya.

"Letak keistimewaan Angkringan KR ini adalah kesederhanaannya. Karena kita diharuskan untuk makan lesehan ketika makan di tempat. Cocok banget buat yang suka nongkrong sama temen-temen," tulisnya.

Sate Klathak

Sate Klathak

"Ke Jogja gak nyobaik Sate Klathak Pak Pong? Rugi Banget!," kalimat inilah yang ditukiskan Awkarin setelah mencicipi kelezatan sate klathak yang berada di kawasan Bantul tersebut. Seperti diketahui, sate klathak meripakan olahan sate kambing yang ditusuk menggunakan jeruji sepeda, lalu dipanggang hingga empuk. Setelah matang, sate klathak akan disajikan bersama kuah gulai untuk memperkaya cita rasanya. Duh, jadi ngiler!

Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng

Awkarin

Kudapan terakhir yang dijajal Awkarin adalah Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng. Hidangan ini dimasak di tungku besar dengan teknik diasap, sehingga bumbu meresap sempurna ke daging lele.

Sebelum diasap ikan lele yang sudah dibersihkan ditusuki dengan sebilah bambu supaya ikan lebih mudah untuk dibolak-balik. Bumbu mangutnya terdiri dari santan, cabai rawit, petai, daun salam, bawang merah, bawang putih, dan kencur.

"Sungguh cita rasa yang sangat sulit untuk dilupakan lidah," tulis Awkarin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini