Covid-19 Diduga Menular Lewat Airborne, Dokter Paru Imbau Pakai Masker Dalam Ruangan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 481 2245624 covid-19-diduga-menular-lewat-airbone-dokter-paru-imbau-pakai-masker-dalam-ruangan-qW78Tkmt4B.jpg Tetap pakai makser di dalam ruangan (Foto : Freepik)

Ratusan peneliti ungkap virus corona penyebab Covid-19 menyebar lewat udara di tempat tertutup. Karena itu, mereka mendesak Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk memperbarui protokol kesehatan yang sudah diberlakukan sekarang.

Lebih lanjut, WHO pun mengiyakan hasil penelitian tersebut. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut terkait dengan informasi Covid-19 menyebar lewat udara atau airborne itu.

Di sisi lain, Ketua Pengurus Harian Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) DR. dr. Agus Dwi Susanto menjelaskan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah terpapar virus corona yang ada di udara.

Pakai Masker

Misalnya menjaga kebersihan tangan dengan sering cuci tangan dengan sabun dan menghindari kebiasaan memegang wajah, khususnya area hidung, mata, atau pun mulut. Kemudian, jangan lupa untuk tetap menjaga jarak aman setiap melakukan aktivitas. Selain itu semua, dr Agus pun mengimbau untuk tetap menggunakan masker walau Anda berada di dalam ruangan.

"Masyarakat diminta untuk menggunakan masker di mana saja dan kapan saja, bahkan di dalam ruangan," terangnya dalam laporan tertulis yang diterima Okezone, Minggu (12/7/2020).

Baca Juga : Virus Corona Covid-19 Dinyatakan Airborne, Perhimpunan Dokter Paru Keluarkan 6 Langkah Pencegahan

Dokter Agus melanjutkan, untuk memastikan agar risiko terpapar virus corona lewat udara semakin rendah, Anda mesti pastikan juga ruangan tempat kerja berventilasi baik. Kalau memungkinkan, buka jendela sesering mungkin, ya.

Hal yang cukup penting juga ialah menghindari tempat keramaian. "Diimbau untuk menghindari keramaian baik itu tempat tertutup maupun tempat terbuka," pungkasnya.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini