Pakai Masker dan Jaga Jarak Hambat Transmisi Virus Corona Lewat Udara

Senin 13 Juli 2020 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 481 2245638 pakai-masker-dan-jaga-jarak-hambat-transmisi-virus-corona-lewat-udara-dE1zsTH2BX.jpg Pakai masker kain (Foto: Do312)

World Health Organization (WHO) akhirnya mengakui Covid-19 bisa menyebar melalui udara. Artinya virus corona bisa menyebar melalui partikel kecil yang diproduksi ketika seseorang berbicara atau bernapas.

Anggota Tim Pakar Medis Gugus Tugas Nasional, I Gusti Ngurah Kade Mahardika juga mengungkapkan, penularan Covid-19 juga dapat terjadi melalui transmisi udara.

Kendati demikian, penelitian transmisi melalui udara sampai saat ini masih terus dikaji seiring dengan perkembangan pemahaman pada virus tersebut oleh para ahli.

 Pandemi virus corona

Mahardika yang juga merupakan Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana menjelaskan, potensi penyebaran Covid-19 dapat terjadi melalui udara, apabila berada pada tempat yang tertutup.

"Ini Covid-19 biasanya dalam setting ruangan tertutup, misalnya bus, ruangan yang memiliki air conditioner (AC), pusat perdagangan, perkantoran, dan restoran yang memiliki ventilasi buatan atau ber-AC," jelas Mahardika.

Seperti dilansir dari Sindo News, anggota Tim Pakar Medis Gugus Tugas Nasional Budiman Bela menambahkan, selain tempat yang tertutup, udara dingin pada ruang tertutup meningkatkan potensi terjadinya penularan Covid-19.

Namun, jika orang-orang yang ada di ruang tertutup itu menggunakan masker dan menjaga jarak, maka potensi aktivitas transmisi virus akan jauh lebih rendah.

"Tempat tertutup itu berpotensi menular juga, apalagi kalau kondisi udara dingin. Tetapi jika kita menggunakan masker dan menjaga jarak, kemungkinan untuk menular itu jauh lebih kecil," tambah Budiman.

Selanjutnya, Budiman mengungkapkan penggunaan masker dan jaga jarak akan menghambat terjadinya transmisi virus melalui udara. Hal ini dikarenakan masker dapat menampung virus yang keluar ketika seseorang berbicara, bernyanyi, batuk, dan bersin dari hidung atau mulut sehingga virus yang keluar tidak akan bertransmisi.

"Semua aktivitas mengeluarkan virus ketika kita berbicara, bernyanyi, batuk dan bersin. Namun virus itu (Covid-19) akan tertampung oleh masker kalau kita menggunakan masker," ungkapnya.

Baca juga: Gaya Tara Basro dan Daniel Adnan Kompak Pakai Daster, Netizen: The Real Uwu

Budiman juga menekankan bahwa pencegahan terjadinya transmisi Covid-19 melalui udara adalah dengan tetap menggunakan masker seperti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. "Kalau ditanya pencegahannya, tetaplah gunakan masker," tegas Budiman.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini