Peneliti Temukan Cara Baru Hitung Usia Anjing

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 612 2245878 peneliti-temukan-cara-baru-hitung-usia-anjing-xu8FthjUUZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEEKOR anak anjing akan tampak sangat lucu dan menggemaskan. Namun, tanpa disadari usia mereka sebenarnya jauh lebih tua dari apa yang kita bayangkan sebelumnya lho.

Para peneliti yang mempelajari perubahan kimia pada DNA anjing menemukan bahwa anjing menua dengan sangat cepat selama lima tahun pertama. Setelah melewati fase lima tahun pertama, usia anjing akan jauh lebih lambat dibandingkan sebelumnya.

Temuan tersebut dipublikasikan baru-baru ini di jurnal Cell Systems. Penulis Senior sekaligus Profesor Genetika di University of California, San Diego, School of Medicine, Trey Ideker menghitung bahwa seekor anjing berusia lima tahun bisa mencapai usia 60 tahun manusia.

"Anak anjing super cepat umurnya. Pada saat seekor anjing berusia satu tahun. Pada tingkat molekuler, mereka seperti manusia berusia 30 tahun. Secara retrospektif, kami memang mengetahui hal-hal ini,” ucap Ideker, melansir dari NBC News.

Ideker dan rekannya memperhatikan bahwa anjing sama seperti halnya manusia. Mereka memiliki tanda kimia pada DNA yang disebut metilasi. Tanda tersebut akan berubah seiring bertambahnya usia. "Genom itu sendiri tidak berubah seiring bertambahnya usia. Apa yang berubah adalah tanda pada gen yang mengendalikan pola pertumbuhan anjing atau manusia,” ucap Ideker.

 usia anjing

Tanda metilasi atau biasa dianggap sebagaikerutan pada genom, berubah dengan cara yang dapat diprediksi seiring bertambahnya usia manusia dan anjing. Ideker mengaku dapat mengukur hal tersebut pada tingkat molekuler dan mengetahui seberapa cepat seseorang menua. “Kami dapat menyelaraskannya di antara anjing dan manusia. Tapi kita tidak tahu persis apa artinya semua itu,” sambungnya.

Untuk menemukan hubungan matematis yang menghubungkan penuaan anjing dengan manusia, Ideker dan rekan-rekannya mempelajari 104 anjing Labrador yang usianya berkisar dari anak anjing berumur beberapa minggu hingga berusia 16 tahun.

Ketika mereka membandingkan data DNA anjing dengan informasi dari manusia, para peneliti membuat persamaan baru untuk mengetahui usia manusia yang sebanding dengan anjing.

Persamaannya menghasilkan: 16 ln (usia anjing) + 31 = usia manusia. Untuk kalkulator iPhone yang memiliki logaritma natural, atau fungsi "ln,", masukan angka pertama yang menentukan usia anjing. Kemudian tekan tombol "ln". Hasilnya dikalikan 16 lalu tambahkan 31.

Jika Anda menggunakan kalkulator ilmiah Google: Pertama, tekan "ln," lalu ketikkan umur anjing, lalu samakan. Selanjutnya, kalikan dengan 16, dan kemudian tambahkan 31.

Anda juga bisa menggunakan persamaan ini:

Seekor anjing berusia 1 tahun seperti manusia berusia 31 tahun.

Seekor anjing berusia 3 tahun seperti manusia berusia 49 tahun.

Seekor anjing berusia 7 tahun seperti manusia berusia 62 tahun.

Setelah melewari masa ini, penuaan anjing telah melambat, sehingga seekor anjing berusia 8 tahun sama seperti manusia berusia 64 tahun. Menurut persamaan ini, umur rata-rata Labrador adalah 12 tahun setara dengan kehidupan manusia hingga sekira 70 tahun.

Ideker menduga akan ada beberapa variasi berdasarkan jenis anjing tetapi mereka semua akan mengikuti pola yang sama. Matematika usia anjing telah membuat Ideker berhenti ketika dia berpikir untuk mengajak anjingnya saat berlari:

Ideker sekarang menyadari bahwa anjingnya yang berusia 6 tahun benar-benar setara dengan 60 tahun manusia. Seorang Spesialis dalam Genetika Hewan, Margret Casal mengatakan perhitungan baru tersebut sesuai dengan apa yang dia amati pada pasien anjingnya.

"Ini membenarkan apa yang dikatakan banyak peneliti lain. Akan menarik untuk melihat breed yang berbeda. Kami tahu bahwa beberapa breed yang lebih kecil hidup lebih lama dan beberapa yang lebih besar tidak hidup cukup lama,” tuntas Casal.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini