3 Hal yang Terjadi Jika Kamu Terjebak Masa Lalu, Berusahalah Move On!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 196 2245993 3-hal-yang-terjadi-jika-kamu-terjebak-masa-lalu-berusahalah-move-on-wNJdZiwBWM.jpg Patah hati hebat (Foto: The Brunette Diaries)

Perceraian dengan pasangan hidup, atau putus dengan kekasih yang paling dicintai merupakan peristiwa tragis yang sangat menghancurkan hati seseorang. Secara psikologis, jika kamu mengalami hal ini, kamu akan merasa tak diinginkan, tak dicintai, ditolak, tertekan, dan perasaan sedih yang terus-menerus muncul.

Bersedih untuk beberapa waktu boleh saja. Namun jangan terus-menerus. Sebab hidup terus berjalan menuju masa depan oleh karena itu kamu harus move on.

Seperti dilansir Femina India, Selasa, (14/7/2020), berikut yang akan terjadi jika kamu masih terjebak masa lalu yang akan mempengaruhi masa depanmu.

 sangat sedih

1. Kamu merasa kehilangan harga diri

Tak ingin melepaskan atau mengikhlaskan hubungan yang sudah hancur hanya akan melukai diri sendiri. Kamu jadi sukar melihat sisi positif dalam hidup dan hubungan itu sendiri. Hal ini dapat berujung pada keraguan pada diri sendiri.

Kamu juga akan merasa kehilangan harga diri karena merasa tak dicintai oleh pasangan masa lalumu. Oleh karena itu, belajarlah membiarkan masa lalu terus berlalu. Hiduplah pada masa sekarang dan nantikan masa depan yang lebih cerah.

Baca juga: Begini Penampakan Pohon Paling Kesepian di Dunia, Sudah Ada Sejak Zaman Dinosaurus

2. Cenderung menutup diri

Seringkali, putus cinta cenderung mempengaruhi kesehatan emosional dan psikologis. Kamu merasa berduka hingga kehilangan kepercayaan pada dunia. Tak masalah kamu berduka. Namun jangan sampai menutup diri secara emosional. Sebab Jika terus menutup diri hanya akan membawamu dalam jurang kegelapan dan kesepian. Terima saja dan akui bahwa kamu sedang terluka. Namun kamu harus menanamkan dalam pikiranmu bahwa luka ini pasti sembuh dan kamu bisa berbahagia lagi.

3. Kurang percaya diri

 

Seseorang bisa mematahkan hatimu, tapi seseorang tidak bisa menghancurkan masa depanmu yang indah. Apapun yang tidak membunuhmu, hanya akan membuatmu jadi pribadi yang lebih tangguh. Berhentilah untuk meragukan kehebatanmu sebab hal itu bisa membuatmu kurang percaya diri.

Kurangnya rasa percaya diri, rasa takut yang terus-menerus akan dikhianati dan ditinggalkan hanya akan merusak mentalmu.

Selain itu, ini juga merusak hubunganmu dengan pasangan masa depan. Oleh karena itu berhentilah meratapi masa lalu. Dan ikhlaskan semua yang telah terjadi.

Memang teori lebih mudah daripada praktik. Namun begitu kamu mulai melaksanakannya, tidak ada yang mustahil. Lepaskan masa lalumu, dan tunggu kehidupan membawamu pada perjalanan yang lebih baik dan menyenangkan!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini