3 Alasan Mengapa Waktu Makan Sama Pentingnya dengan Makanan yang Anda Konsumsi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 298 2246129 3-alasan-mengapa-waktu-makan-sama-pentingnya-dengan-makanan-yang-anda-konsumsi-uOiT4RRgzj.jpg Waktu makan (Foto: Unsplash)

Banyak orang percaya bahwa menjaga kesehatan dapat dilakukan melalui dua hal, yakni diet seimbang dan olahraga. Namun, ada faktor penting yang sering luput dari perhatian kita, yakni menjaga waktu makan.

Tubuh Anda membutuhkan kedisiplinan untuk menjadi sehat. Oleh karena itu, interval waktu makan sama pentingnya dengan makanan yang Anda konsumsi. Melansir Times of India pada Selasa (14/7/2020), berikut adalah tiga alasan mengapa pengaturan waktu makan itu penting.

 waktu makan

1. Mengatur siklus tubuh

Nutrisi yang tepat, siklus tidur yang baik, serta pengaturan waktu makan yang disiplin adalah kunci sehat dan kita harus memastikan untuk mempertahankannya.

Melalui kebiasaan inilah tubuh akan terbiasa dengan ritme cyclic. Jadi, sangat penting untuk mendisiplinkan waktu makan Anda demi menjaga ritme tubuh.

2. Meningkatkan metabolisme

Waktu di mana Anda mengonsumsi makanan juga akan menentukan metabolisme tubuh. Ketika kita bangun di pagi hari, metabolisme kita berada pada titik tertinggi. Jika saat ini Anda tidak mengisi bahan bakar (sarapan), tubuh Anda tidak akan mampu mempertahankan laju metabolisme.

Baca juga: 3 Hal yang Terjadi Jika Kamu Terjebak Masa Lalu, Berusahalah Move On!

Pada keesokan harinya, metabolisme tubuh akan melambat. Jadi, penting untuk diperhatikan juga bahwa makan malam bisa dilaksanakan paling lambat jam 20.00 WIB untuk melancarkan pencernaan.

3. Membantu detoksifikasi tubuh

Tubuh Anda menerima banyak hal saat makan. Detoksifikasi yang dilakukan oleh hati merupakan aktivitas penting. Ketika Anda makan pada pukul 22.00 malam atau mendekati waktu tidur, ini dapat memberi tekanan pada tubuh Anda karena ketika tidur hati akan melakukan proses detoksifikasi. Jadi, agar tidak mengganggu proses detoksifikasi, Anda harus makan malam tepat waktu.

Jarak waktu ideal antara sarapan, makan siang, dan makan malam

Tubuh Anda membutuhkan 3-4 jam untuk mencerna makanan dengan benar. Dengan demikian, jarak antara dua kali makan sebaiknya tidak lebih dari 4 jam. Kesenjangan yang lebih panjang dari ini dapat menyebabkan keasaman.

Anda harus mengonsumsi camilan dan buah-buahan di antara waktu makan. Setidaknya, Anda harus memiliki 2 camilan antara sarapan, makan siang, dan makan malam Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini