Mau Turunkan Berat Badan, Catat Waktu Tepat untuk Sarapan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 31 2246368 mau-turunkan-berat-badan-catat-waktu-tepat-untuk-sarapan-R1QEfdeysr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SARAPAN memang kegiatan yang tak boleh dilewatkan, karena dapat menjadi energi untuk beraktivitas. Sarapan yang sehat dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang dapat memberikan energi untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari.

Berbicara mengenai sarapan sehat, kita semua tahu bahwa makanan tersebut harus mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Tapi, ternyata waktu sarapan juga sangat menentukan loh.

Melansir Times of India, waktu terbaik untuk sarapan adalah 2 jam setelah bangun. Sarapan setelah bangun tidur, baik untuk metabolisme tubuh.

Jika Anda adalah seseorang yang suka berolahraga pagi, Anda dapat mengonsumsi pisang, roti panggang, atau alpukat untuk sarapan atau setengah jam sebelum berolahraga. Jika Anda terbiasa olahraga dengan perut kosong, Anda bisa menyantap sarapan setelah berkeringat.

Sarapan sehat

Menurut penelitian oleh Universitas Harvard, jika Anda tidak makan pada waktu yang tepat, akan sulit bagi Anda untuk menurunkan berat badan. Bahkan jika Anda mengikuti puasa intermiten, jarak antara makan malam dan sarapan Anda tidak boleh lebih dari 12-14 jam.

Jika melebihi waktu tersebut, maka program penurunan berat badan Anda pun tak akan berjalan efektif. Penelitian ini juga mendukung fakta bahwa berpuasa selama 12 jam, antara makan malam dan sarapan, sangat baik untuk pencernaan makanan. Ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu menjaga ritme kardinal.

Jika Anda masih bingung, Anda bisa memprogram sarapan pada pukul 6.00 hingga 10.00 pagi, makan siang sebelum pukul 15.00, menyantap camilan 2 hingga 4 jam setelah makan. Untuk makan malam, Anda bisa menyantapnya antara pukul 17.00-20.00 malam.

Menyantap sarapan pada waktu yang tepat dapat membantu Anda menjaga berat badan normal, mengatur kadar gula darah, membantu mengurangi kadar lemak dan kolesterol, serta membantu Anda tampil lebih baik di siang hari.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini