5 Asupan yang Harus Dihindari agar Jantung Sehat

Selasa 14 Juli 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 481 2246220 5-asupan-yang-harus-dihindari-agar-jantung-sehat-vVlaXZg0yQ.jpg Daging kambing bakar (Foto: Weber)

Guna menjaga jantung yang sehat diperlukan olahraga secara teratur. Meskipun olahraga yang dilakukan merupakan olahraga ringan.

Selain olahraga, Anda juga harus memperhatikan asupan harian. Terdapat beberapa asupan yang harus dihindari atau batasi jika Anda menderita masalah hipertensi dan tak ingin terkena penyakit jantung. Apa 5 asupan yang harus dihindari?

 garam

1. Terlalu banyak garam

Menurut sebuah penelitian, makan garam berlebihan dapat meningkatkan jumlah natrium dalam aliran darah, sehingga mengurangi kemampuan ginjal Anda untuk mengeluarkan air dan berdampak pada tekanan darah yang lebih tinggi.

 

2. Makanan olahan dan daging

Seperti dilansir dari Sindo News, makanan olahan, termasuk daging, mengandung banyak natrium yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Sangat penting untuk mengurangi mengonsumsi makanan olahan dan junk food.

3. Makanan kaleng

Makanan kaleng memang memiliki rasa yang enak dan mudah dikonsumsi, tapi makanan kaleng bisa sangat tinggi garam, yang digunakan untuk membantu menjaga makanannya lebih lama.

4. Gula

Menurut American Heart Association, pria dan wanita harus membatasi asupan gula setiap harinya dan dianjurkan untuk pria 9 sendok teh, sedangkan dan wanita 6 sendok teh agar jantung tetap sehat.

Baca juga: 3 Hal yang Terjadi Jika Kamu Terjebak Masa Lalu, Berusahalah Move On!

5. Alkohol

Alkohol diketahui dapat langsung mempengaruhi hati dan berperan juga dalam meningkatkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa pesta minuman keras berdampak pada kesehatan jantung yang buruk.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini