Cegah Penularan Covid-19 di Gedung Perkantoran, Ingat 5 Hal Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 20:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 481 2246400 cegah-penularan-covid-19-di-gedung-perkantoran-ingat-5-hal-ini-t4GRZRTdlD.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SEJAK World Health Organization (WHO) mengeluarkan pernyataan bahwa virus corona Covid-19 menular secara airborne, masyarakat menjadi lebih waspada terhadap penularan penyakit. Termasuk di ruangan tertutup, seperti gedung perkantoran.

Dalam ruangan tertutup, potensi penyebaran Covid-19 diklaim cenderung semakin besar risikonya. Terlebih jika ruangan seperti gedung perkantoran memiliki sirkulasi udara yang kurang baik, atau bahkan tertutup.

Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengatakan setiap ruangan harus memiliki ventilasi yang baik. Hal tersebut berfungsi untuk menjaga aliran udara tetap bersih dan sehat.

Baca Juga: Luapan Emosi Dokter Reisa karena Angka Penderita Covid-19 Semakin Tinggi

Dalam siaran langsung di Gedung Graha BNPB, Selasa (14/7/2020), dr. Reisa pun membagikan lima cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi peredaran udara di ruangan tertutup atau ber-AC.

kantor

1. Ventilasi atau sirkulasi udara dalam ruangan harus benar-benar diperhatikan, maka pastikan ruang kerja atau ruang tempat kita beraktifitas memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari.

2. Pastikan menjaga jarak di dalam ruangan dan hindari ruangan yang terlalu banyak orang.

3.Selalu pakai masker, selama masih berada di luar rumah atau di tempat umum termasuk di ruang kantor.

4. Hindari memegang permukaan benda yang kotor dan digunakan bersama denan orang lain. Segera mencuci tangan dan menggunakan hand sanitiser bila terlanjur memegang permukaan benda tersebut.

Jangan menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi. Ingat mata memiliki saluran langsung menuju pernapasan. Artinya mata bisa menjadi jalur masuknya virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19 ini.

5. Bersihkan permukaan-permukaan benda yang ada di sekitar ruangan dengan cairan desinfektan secara teratur.

(dwk)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini