Beautypedia: Mengenal Kandungan Sunscreen yang Lindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 611 2246266 beautypedia-mengenal-kandungan-sunscreen-yang-lindungi-kulit-dari-paparan-sinar-uv-HPo5hNOozM.jpg Gunakan tabir surya lindungi kulit dari sinar ultraviolet (Foto : Cancer)

Sunscreen atau tabir surya adalah bagian dari keluarga skincare yang dapat membantu Anda melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Ada tiga jenis sinar UV, UVA, UVB dan UVC.

Paparan UVA dan UVB dapat menyebabkan kerusakan kulit baik jangka pendek maupun jangka panjang, mulai dari sengatan matahari (UVB) hingga keriput (UVA). Terlalu banyak terpapar sinar UV juga dapat menyebabkan risiko kanker kulit.

Melansir Dermae pada Selasa (14/7/2020), sunscreen umumnya menggabungkan beberapa bahan untuk memberikan efek yang maksimal untuk melindungi kulit dari sinar UV. Ada dua jenis bahan aktif yang digunakan dalam tabir surya.

Tabir Surya

Bahan aktif kimia menyerap sinar UV sehingga tidak sepenuhnya menembus kulit Anda, sementara bahan aktif fisik membantu memantulkan sinar UV agar tidak meresap ke dalam kulit.

Baca Juga : Intip Momen Vanessa Angel Melahirkan, Bayinya Gemas Banget!

Biasanya, bahan kimia aktif dalam tabir surya termasuk oksibenzon, avobenzon, homosalate, octocrylene, octisalate dan octinoxate. Sedangkan bahan aktif fisik juga disebut bahan mineral, adalah titanium dioksida dan seng oksida. Titanium dioksida dan seng oksida, keduanya melindungi terhadap penyerapan sinar UVA dan UVB.

Sunscreen diukur berdasarkan faktor perlindungan matahari dari sinar UVB, lebih dikenal sebagai SPF. Jika Anda menggunakan sunscreen dengan SPF 15, itu berarti akan memakan waktu 15 kali lebih lama bagi kulit Anda untuk terbakar daripada jika Anda tidak mengenakan tabir surya sama sekali.

Jika Anda memiliki kulit cerah atau riwayat keluarga kanker kulit, Anda membutuhkan sunscreen dengan jumlah SPF tinggi. Jika Anda berkeringat atau berenang, Anda juga perlu mengaplikasikannya kembali untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap kulit Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini