Lezatnya Sate Kambing Khas Meureudu Aceh, Tak Mau Berhenti Ngunyah

Jamaluddin, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 22:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 298 2247077 lezatnya-sate-kambing-khas-meureudu-aceh-tak-mau-berhenti-ngunyah-UOaNUV6sT1.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SATE kambing khas Meureudu Aceh mungkin bisa menjadi menu pilihan. Selain unik, ukurannya yang cukup besar serta rasa yang enak membuat menu olahan sate kambing ini selalu ramai dikunjungi pembeli setiap harinya.

Gerobak sate yang berada di Jalan Iskandar muda, Kota Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, ini selalu ramai pengunjung terutama di saat jam makan siang dan pagi hari, salah satu menu yang menjadi andalan adalah menu sate kambing jantan lokal Aceh.

Berbeda dengan sate pada umumnya sate kambing ini terbuat dari daging kambing jantan lokal Aceh dengan dilumuri berbagai bumbu khas tanah rencong Aceh, daging yang telah dibumbui kemudian di tusuk dan di bakar seperti sate pada umumnya.

Kemudian setelah dibakar sate kambing tersebut dipotong kecil-kecil dan dibungkus menggunakan daun pisang, daging sate tersebut ikut juga dilumuri dengan bumbu kacang yang telah disediakan, serta ditaburi juga bawang goreng dan daun seledri yang dicincang halus.

sate aceh

Setiap satu tusuk sate kambing jantan ini dibanderol seharga Rp25 ribu, plus dengan kuah kaldu yang di masukkan ke dalam plastik, namun apabila di tambahkan dengan sebungkus nasi putih harganya menjadi Rp30 ribu.

Uniknya lagi, gerobak sate kambing jantan ini tidak dibuka setiap harinya, melainkan dibuka dalam seminggu hanya tiga hari, yakni pada hari Senin, Rabu Dan Jumat saja. Setiap hari, senin pedagang sate kambing ini hanya menghabiskan satu ekor kambing, sedangkan pada hari Rabu dan Jumat dia menyembelih empat ekor kambing jantan.

Rasa khas sate kambing jantan ini memang terasa sejak gigitan pertama, apalagi ukurannya cukup besar serta dagingnya lembut dan gurih membuat mulut tak mau berhenti mengunyah.

Pengelola gerobak sate kambing ini, sengaja menampilkan menu olahan tanah rencong Aceh untuk melestarikan kuliner khas Aceh, diolah dengan bentuk lebih besar atau jumbo untuk menarik pelanggan, penasaran dengan menu unik ini tak ada salahnya untuk mencoba.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini