Segarnya Air Nirah, Minuman Asal Aceh yang Menyegarkan

iNews TV, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 298 2247078 segarnya-air-nirah-minuman-asal-aceh-yang-menyegarkan-calWaNdqW0.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

 ACEH memang terkenal dengan menu menu kulinernya yang mendunia, seperti mi Aceh dan lauk pauk kuliner lainnya. Namun di Aceh juga memiliki air nirah yang membuat segarnya tenggorokan saat di minum.

Biasanya, air nirah dihasilkan dari pohon aren ataupun dari pohon kelapa, tetapi di Aceh ada ke unikkan kali ini yaitu air nirah yang di proses dari pohon nipah. Penasaran dengan rasanya.

Permirsa tahu kan dengan namanya air nirah, air nirah biasanya di produksi dari pohon aren dan pohon kelapa yang di ambil menggunakan tangga yang di buat dari bambu untuk menaiki pohon pohon tersebut.

Ternyata di air nirah itu juga tak hanya di peroleh dari pohon pohon aren, tetapi di Kabupaten Pidie,Aceh, air nirah juga di proses dari pohon nipah.

Buah Nipah

Biasanya pohon nipah hanya menjadi tumbuhan yang berada di rawa rawa, tanpa memberikan banyak manfaat, tapi di Gampong Batee, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh, tangkai dari buah pohon nipah di olah menjadi menghasilkan air nirah.

Buktinya Nek Siti Hawa salah seorang warga Desa Batee, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh, ini yang setiap harinya bisa memproses satu hingga dua pacok bambu air nirah nipah yang berada di belakang rumahnya. Untuk proses dan pengambilan air nirah nipah merupakan rutinitas setiap hari Nek Sitihawa.

Namun cara proses pengambilan air nirah nipah ini Nek Siti hawa setiap pagi, dia harus mencari pohon pohon nipah yang sudah berbuah sekitar satu bulan, setelah di jumpai tangkai buah pohon nipah itu di tendang tendang beberapa kali agar bisa mengeluarkan air nirahnya.

Setelah di tendang tendang beberapa kali tangkai buah nipah, selanjut tangkai buah pohon nipah di potong menggunakan pisau, lalu di pasang kan pacok yang di buat dari bambu agar air nirah yang keluar tertampung di dalam pacok bambu tersebut.

Biasanya kegiatan pengambilan air nirah nipah ini di lakukan setiap pagi dan sore hari oleh Nek Siti Hawa, setiap hari biasanya Nek Siti hawa bisa mendapatkan satu hingga dua pacok air nirah dari pohon nipah, kemudian air nirah nipah ini dia jual kepada warga yang datang kerumahnya.

Satu botol minuman mineral air nirah nipah dijual oleh Nek Siti Hawa hanya lima belas ribu rupiah, bahkan setiap hari Nek Siti Hawa banjir dari pesan warga yang ingin menikmati nikmat dan manisnya rasa air nirah nipah dari Nek Siti Hawa .

Nek siti hawa air nirah nipah selain di jual langsung dia juga membuat sebagian air nirah nipah ini sebagai air asam untuk di oles pada ikan ikan segar yang nantinya mau di masak, dengan manfaatnya bisa menghilangkan bau anyir pada ikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini