5 Manfaat Ikan Gabus, Suplemen Covid-19 ala Menkes Terawan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 481 2246976 5-manfaat-ikan-gabus-suplemen-covid-19-ala-menkes-terawan-3q1mDG51KY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut ikan gabus, ekstrak temulawak dan meniran, sebagai contoh suplemen dalam penanganan virus corona Covid-19. Ia mendorong penggunaan obat tradisional dalam penanganan corona di fasilitas kesehatan.

Menkes Terawan pun menjelaskan bahwa penggunaan obat tradisional sudah diuji coba, salah satunya di Kabupaten Sidoarjo. Penggunaan obat tradisional yaitu dengan memberikan vitamin dan fitofarmaka dua hari sekali.

Ikan gabus yang dianggap Menkes Terawan sebagai suplemen Covid-19 ternyata memang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Di artikel ini Okezone coba menjelaskan 5 manfaat mengonsumsi ikan gabus untuk kesehatan.

 terawan

Dilansir dari Steemit, dalam penelitian yang dilakukan Prof. Nurpudji dari Universitas Hasanuddin, Makassar, memberikan 2 kg ikan gabus yang dimasak setiap hari kepada pasien pasca operasi akan meningkatkan albumin mereka menjadi normal.

Baca Juga: Foto Atta Halilintar Mejeng Bareng Presiden Jokowi di Istana Negara, Siap Lawan Covid-19

Pemberian ekstrak ikan gabus selama 10-14 hari menunjukkan peningkatan albumin hingga 0,6 hingga 0,8 g / dl. Kandungan albumin plus mineral seng (Zn) dalam tubuh ikan gabus sebesar 1,7412 mg / 100 g daging inilah yang membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Lebih jelasnya, berikut 5 manfaat kesehatan ikan gabus.

1. Menjaga daya tahan tubuh

Ikan gabus ternyata memiliki manfaat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Malah, dikatakan juga bahwa rutin mengonsumsi ikan gabus akan membuat tubuh Anda rentan terserang penyakit akibat perubahan cuaca atau faktor lain.

2. Mempercepat proses penyembuhan penyakit

Ikan gabus juga dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit. Beberapa penyakit yang diyakini akan lebih cepat sembuh karena mengonsumsi ikan gabus ialah diabetes, infeksi paru-paru, tipus, stroke, maupun hepatitis.

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Zat albumin yang ada di dalam daging ikan gabus berfungsi untuk menjaga stabilitas pengaturan cairan dalam tubuh. Jika kondisi tingkat cairan tubuh Anda menurun, protein yang masuk ke tubuh akan pecah, sehingga tubuh Anda tidak bisa berfungsi secara normal. Konten normal albumin dalam tubuh mencapai 60 persen.

4. Baik untuk pencernaan

Ikan gabus termasuk dalam kelompok ikan dengan daging lunak. Karena hal itu, ikan ini dianggap baik untuk pencernaan karena memiliki protein kolagen yang lebih rendah dari kadar protein pada daging ikan air tawar lainnya.

5. Membatasi pembekakan di tubuh

Selain bermanfaat untuk proses percepatan penyembuhan, ikan gabus dapat membantu mengatasi pembekakan yang terjadi di tubuh Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini