Punya Masalah Rambut Kusut? Coba Deh Atasi dengan Air Beras

Sabrina Mulia Rhamadanty, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 21:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 611 2247058 punya-masalah-rambut-kusut-coba-deh-atasi-dengan-air-beras-rvkzFliWJK.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MASALAH rambut bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari kerontokan, rambut kusam, bercabang hingga rambut kusut. Hal ini bisa disebabkan karena kulit kepala Anda yang tidak sehat atau polusi dari udara yang kotor mengenai rambut Anda.

Namun tahukah Anda, ternyata beras dapat dijadikan sebagai tonik alami bagi rambut rusak. Nah, buat Anda yang sering mengalami masalah rambut kusust, sangat pas bila Anda menjajal perawatan dengan air beras.

 rambut kusut

Dilansir Okezone dari channel YouTube seorang dokter kulit dari Amerika Dr Dray yang diunggahnya pada 3 Juni 2020 lalu, berjudul ‘Bagaimana Menggunakan Air Rendaman Beras untuk Melebatkan Rambut’. ia menjelaskan mengenai kegunaan air rendaman beras. Menurutnya, air beras untuk menyuburkan, melebatkan dan memperbaiki rambut rusak atau rambut kusut.

Baca Juga: Prilly Latuconsina dan Reza Rahadian Menikah? Intip Tampilan Taaruf Mereka

Air rendaman beras juga bermanfaat membuat kilau rambut alami pada rambut Anda. Ini karena air rendaman beras memiliki kandungan asam amino untuk mengurangi rambut kusut dan kerusakan.

Selain itu beras juga kaya akan vitamin A dan vitamin E untuk menghidrasi rambut dan menghindari dari kekeringan yang menyebabkannya susah diatur. Ini akan mempermudah Anda menata rambut Anda dan membuat rambut terlihat lebih bervolume dan sehat. Selain itu, salah satu komponen inti yang ditemukan dalam air beras adalah inositol. Ini adalah karbohidrat yang memperbaiki dan melindungi rambut Anda dari radikal bebas.

Sementara itu, dilansir Okezone dari Purewow, Dokter Joshua Zeichner, MD, sebagai direktur penelitian kosmetik dan klinis dermatologi di Gunung Sinai, mengatakan bahwa air beras telah digunakan selama puluhan tahun dalam budaya timur untuk merawat rambut.

Faktanya, ada sebuah desa wanita di Huang Luo, Cina, yang telah mendapatkan nama Tanah Rapunzels karena fakta bahwa para wanita ini memiliki rambut hingga panjang hingga kaki mereka. Rahasianya adalah mereka sering menggunakan air sisa rendaman beras untuk dipakaikan ke rambut.

Untuk menggunakan air rendaman beras ini sangat mudah, cukup tempatkan ½ gelas nasi mentah dalam mangkuk, kemudian tambahkan 2 hingga 3 gelas air hangat. Biarkan terendam selama sekitar 30 menit di dalam mangkuk kemudian saring. Tuang air saringan ke dalam botol semprot (atau wadah penyimpanan apa pun). Anda dapat menggunakan rendaman air beras ini sebagai tonik alami yang bisa menyuburkan rambut Anda. Selamat mencoba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini