Viral Foto Jari Kaki Zombie, Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 612 2246890 viral-foto-jari-kaki-zombie-ini-faktanya-xbwi6ZgtSX.jpg Jari kaki zombie (Foto: Oddity Central)

Beberapa waktu lalu, foto-foto menyeramkan jari kaki zombie viral di media sosial. Banyak netizen yang penasaran dan kebingungan setelah melihat foto-foto  mengerikan tersebut.

Gambar ini dibagikan secara online oleh petugas Dinas Kehutanan India, Susanta Nanda. Selain itu foto ini juga tidak dikeluarkan sebagai bagian dari promosi  film horor. Foto yang dibagikan menunjukkan penampakan jari-jari zombie yang mengerikan.

Sebagaimana dilansir Oddity Central, Rabu (15/7/2020), Nanda sebenarnya menantang para pengikutnya untuk mengidentifikasi makhluk apa yang ada di dalam foto itu.

foto yang cukup horor

Ternyata foto yang mengerikan itu adalah jamur. Nama jamur itu Xylaria polymorpha. Jamur ini umumnya dikenal sebagai jamur Jari Orang Mati. Mereka adalah sejenis jamur yang, mirip sekali dengan jari-jari orang yang sudah mati. Makanya tak heran jika jamur itu seperti jari-jari kaki zombie.

Dalam foto yang beredar, jamur ini dikira kaki zombie. Padahal hanya jamur yang ditemukan di daerah hutan dan tumbuh dari dasar tunggul pohon yang membusuk.

Meskipun penampilannya menyeramkan jamur ini tidak berbahaya bagi manusia. Xylaria polymorpha adalah tumbuhan asli Nepal, Bhutan dan India Timur Laut. Tapi spesies itu juga dapat ditemukan di wilayah Amerika Serikat, termasuk Pegunungan Rocky.

Warna yang dihasilkan jamur ini bervariasi dari putih ke biru dan hitam sepanjang siklus hidupnya. Jamur ini berwarna putih pada awalnya, kemudian berubah menjadi biru pucat saat tumbuh, dan akhirnya berubah menjadi hitam sebelum mengering.

Baca juga: Indahnya Pemandangan Slope Point, Penuh dengan Pohon-Pohon Aneh yang Memikat

Meskipun secara teknis tidak bisa dikonsumsi, tapi jamur jari zombie ini dimasak dan dimakan di beberapa bagian China. Ketika mereka berwarna gelap, jamur menjadi lebih sulit untuk dicerna dan hanya digunakan sebagai hiasan.

 Sebagai jamur kayu yang membusuk, jamur jari orang mati ini juga memiliki kegunaan dalam pembuatan biola. Menurut James Murray, mereka digunakan untuk meningkatkan sifat akustik dari kayu yang digunakan untuk membuat biola.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini