Gara-Gara Makan Ikan Mentah, Amandel Perempuan Ini Dimasuki Cacing

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 23:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 612 2247065 gara-gara-makan-ikan-mentah-amandel-perempuan-ini-dimasuki-cacing-1qzAK2G8FN.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MAKAN ikan mentah yang tidak dibersihkan dengan baik memang berbahaya bagi kesehatan. Ikan mentah, memiliki banyak bakteri di dalamnya yang berbahaya bagi manusia.

Seperti yang dimiliki oleh wanita muda yang mengeluh sakit tenggorokan ini. Tapi, dia terkejut bukan main setelah mengetahui ada cacing hidup dalam tubuhnya. Cacing yang berukuran cukup besar tersebut berusaha menggali dan masuk ke dalam amandelnya.

Pasien berusia 25 tahun yang tidak disebutkan namanya ini mengunjungi Rumah Sakit Internasional St Luke di Tokyo. Dia memutuskan ke rumah sakit, setelah merasakan nyeri dan iritasi di bagian atas tenggorokannya.

Melansir The Sun, dokter terkejut bukan main ketika mereka menemukan sesuatu yang berwarna hitam di amandel kirinya. Mengerikannya lagi, saat ditarik para petugas medis cacing tersebut tampak masih menggeliat.

Cacing di tenggorokan

Cacing itu dikeluarkan menggunakan pinset, dan diletakkan ke atas piring yang berada di depannya. Hasil identifikasi hewan tersebut adalah cacing gelang nematoda. Menurut American Journal of Tropical Medicine, makhluk ini memiliki panjang 38 mm dan lebar 1 mm.

Cacing adalah salah satu dari beberapa parasit yang menginfeksi orang yang makan ikan mentah atau sushi. Wanita malang tersebut mengaku telah memakan sashimi lima hari sebelumnya. Kabarnya, infeksi ini disebabkan oleh cacing yang ada pada ikan mentahnya.

Para petugas medis mengatakan, kasus-kasus makhluk hidup di dalam tubuh manusia telah meningkat di seluruh dunia karena kebiasaan mengonsumsi ikan mentah. Membekukan ikan sebelum dikonsumsi biasanya membunuh parasit di dalam daging.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini