Share

Pantry Kantor Rentan Jadi Tempat Persebaran Virus Corona

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 298 2247504 pantry-kantor-rentan-jadi-tempat-persebaran-virus-corona-nHCmBRhXOC.jpg Ilustrasi. (Freepik)

KANTOR tempat Anda bekerja, khususnya yang memiliki sirkulasi buruk, rentan jadi sarang virus corona. Hal ini sejalan dengan sikap Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa virus corona menyebar di dalam ruangan dengan ventilasi buruk.

Karena itu, sekarang pemerintah menyarankan agar masyarakat tidak melepas masker meski sudah berada di dalam kantor. Terlebih, menurut Juru Bicara Covid-19 Achmad Yurianto, tak ada yang bisa menjamin teman kantor yang biasa Anda temui setiap hari aman dari virus corona.

Baca Juga: 5 Zodiak Ditakdirkan Jadi Jutawan, Sadarlah Sebelum Terlambat

"Orang yang biasa ketemu, perlu diingat, mereka berasal dari lingkungan dan risiko berbeda dengan Anda. Karena itu, selalu pakai masker saat berada di luar rumah termasuk di kantor," katanya saat pengumumkan update kasus Covid-19 harian di Graha BNPB, Jakarta, (16/7/2020).

pantry

Dalam kesempatan itu pun Yuri, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa area kantor yang cukup rentan penyebaran Covid-19 adalah tempat makan kantor (pantry). Sebab, di lokasi itulah Anda dan teman-teman kantor Anda melepas masker.

Karena itu, saat Anda melepas masker untuk makan, jangan berbicara dengan orang lain. Durasi makan pun sebisa mungkin jangan bertele-tele agar paparan bebas tanpa masker diminimalisir.

"Di tempat makan siang ini kita sering kali lupa bahwa protokol kesehatan justru harus lebih ketat dilaksanakan, mengapa? Karena pada saat itulah kita melepas masker untuk makan. Oleh karena itu, tetap jaga jarak, pastikan sirkulasi udara di tempat makan itu berjalan baik, ini menjadi penting," ujar Yuri.

Dia pun menyarankan agar masyarakat membawa alat makan sendiri agar Anda menjamin makan dengan kondisi tenang. Selain itu, jangan ngobrol dengan orang lain saat makan.

"Ini penting agar mengurangi risiko sebaran penyakit. Kita tidak tahu di tempat makan itu bersama siapa, dia datang dari mana. Oleh karena itu, sebaiknya; makan, tidak berbicara, segera selesaikan, dan segera tinggalkan tempat itu," ungkap Yuri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini