Digigit Ular Berbisa, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan kepada Korban

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 481 2247509 digigit-ular-berbisa-ini-pertolongan-pertama-yang-bisa-dilakukan-kepada-korban-RbtLGxllVR.jpg Ular kobra (Foto: IB Times Singapore)

Dalam hidup terkadang musibah bisa datang tiba-tiba tanpa diduga. Misalnya saja, saat jalan-jalan tiba-tiba seseorang terkena gigitan ular berbisa.

Gigitan ular berbisa menyebabkan kemerahan, luka, bengkak, juga nyeri disekitar luka tersebut. Korban gigitan juga bia mengalami sesak napas dan pandangan kabur.

 ular kobra

Ikuti 7 pertolongan pertama untuk mencegah terjadinya situasi yang lebih berbahaya kepada korban gigitan ular berbisa ya.

1. Batasi gerakan korban. Pastikan dia tenang dan tidak terlalu panik. Karena ketika korban panik, detak jantung semakin meningkat dan membuat racun bersirkulasi lebih cepat masuk ke dalam tubuh.

2. Area yang tergigit cenderung membengkak. Jadi keluarkan benda apa pun yang mungkin diperketat seperti cincin, gelang, dll.

3. Jangan menutupi area yang digigit. Segera bersihkan luka dengan antiseptik.

4. Anda harus menghentikan penyebaran racun dari kelenjar getah bening korban. Caranya adalah ikat yang kuat dengan kain pada area yang terkena gigitan ular. Hal ini berfungsi untuk menjaga racun agar tidak menyebar ke jantung dan mengalir ke area tubuh lainnya.

5. Gunakan perban, bungkus dan tutupi seluruh area yang terkena gigitan ular dengan kencang. Jika daerah yang terkena gigitan adalah tangan, ikat dan bungkus dari area gigitan hingga ketiak. Jika yang terkena gigitan adalah kaki, ikat dan bungkus dari area gigitan hingga selangkangan.

6. Jangan biarkan korban makan atau minum karena metabolisme korban harus tetap rendah.

Baca juga: Selain Kylie Jenner, Nih Deretan Artis Luar Negeri yang Kepincut Sedapnya Mi Instan

7. Jika memungkinkan, dalam 5 menit pertama gigitan, gunakan alat hisap untuk menyerap racun keluar dari bekas gigitan tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini