5 Jenis Ular yang Aman untuk Dipelihara Pemula

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 612 2247424 5-jenis-ular-yang-aman-untuk-dipelihara-pemula-pUCSyqSwOV.jpg Memelihara ular (Foto: Fine Art America)

Banyak orang menganggap ular sebagai hewan yang mengerikan dan menakutkan. Namun beberapa masyarakat lainnya justru menganggap ular adalah hewan menarik yang layak untuk dijadikan peliharaan di rumah.

Nah, bagi Anda para pemula yang ingin mencoba untuk memelihara ular sebagai hewan peliharaan di rumah, ada baiknya menimbang kembali jenis ular yang akan dibeli. Pastikan ular tersebut bersahabat dan tidak berbahaya.

ular

Melansir dari Reptile Magazine, Kamis (16/7/2020), berikut lima referensi ular yang aman dipelihara untuk para pemula. Berikut ulasannya, jangan sampai salah pilih yaa.

1. Ular Jagung

Ular jagung atau biasa disebut Pantherophis guttata adalah ular peliharaan paling populer yang ada. Mereka cukup patuh, mudah ditangani dan dirawat. Ular jagung masih menjadi salah satu ular peliharaan yang paling populer karena sikap, dan kombinasi warna yang dimilikinya.

Ular ini tidak tumbuh terlalu besar. Anda tidak perlu kandang dan jika Anda ingin membiakkannya, ular jenis ini sangat mudah berkembang biak.

2.  California kingsnakes

California Kingsnakes atau biasa disebut Lampropeltis getula californiae dianggap ular raja karena kemampuan mereka untuk membunuh dan memakan ular derik serta beberapa ular lainnya. Di California Selatan, kingsnake sangat populer baik dalam perdagangan maupun untuk di alam liar.

Mereka menjadi ular pemula yang super populer, meskipun mereka sedikit lincah jika tidak cukup sering ditangani. Di alam liar ular ini adalah pengumpan yang oportunistik, dan sangat bersemangat memburu dan memakan ular lain.

Baca juga: Selain Kylie Jenner, Nih Deretan Artis Luar Negeri yang Kepincut Sedapnya Mi Instan

3. Rosy boa

Rosy Boa atau biasa disebut Lichanura trivirgata, tidak sepopuler ular jagung atau California kingsnake. Tapi mereka masih merupakan ular peliharaan yang populer. Mereka cukup jinak, dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Hewan ini biasanya tidak ditemukan di toko hewan peliharaan atau ritel besar, di mana Anda dapat dengan mudah menemukan ular jagung dan ular piton. Rosy boa adalah ular berumur panjang, dan mampu hidup lebih dari 25 tahun atau lebih.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini