5 Tips Memelihara Ular bagi Pemula

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 612 2247459 5-tips-memelihara-ular-bagi-pemula-bgGhKNQU9s.jpg Memelihara ular (Foto: Pinterest)

Hari Ular Sedunia diperingati setiap 16 Juli 2020. Perayaan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan beragam spesies reptil di seluruh dunia.

Saat ini beberapa masyarakat penyuka reptil, memelihara ular sebagai hewan peliharaannya. Meski tampak mengerikan, tapi hewan melata yang satu ini sebenarnya cukup menarik untuk dipelihara.

ular

Nah, bagi Anda yang baru atau hendak mencoba untuk memelihara ular, sebaiknya pahami betul cara merawatnya. Pasalnya merawat ular tidak lah mudah dan membutuhkan perawatan khusus. Melansir dari Vet Babble, Kamis (16/7/2020), berikut tips merawat ular bagi para pemula.

1. Siapkan peralatan penting

Ular peliharaan membutuhkan kandang, dan tempat persembunyian di dalamnya. Ular kecil akan menjadi gelisah ketika berhadapan dengan tempat yang terlalu besar.

Secara umum, ular arboreal membutuhkan kandang yang tinggi sementara ular yang hidup di darat membutuhkan yang lebar. Pilih jenis ular sebelum berbelanja perlengkapan. Yang terpenting adalah membeli dan siapkan kandang sebelum Anda membeli ular.

2. Olahraga

Ular peliharaan tidak membutuhkan banyak olahraga. Biarkan mereka melakukan apa yang disukainya dengan peralatan yang tersedia. Beberapa ular besar suka berenang di kolam rendam yang aman dari waktu ke waktu.

3. Memberi makan

Semua ular adalah karnivora. Mereka mengonsumsi daging. Bahkan, mereka memakan daging secara utuh, dengan semua tulang dan organ bagian dalam. Banyak jenis ular peliharaan memakan tikus. Beberapa ular memakan amfibi, sementara ular yang terkecil mungkin memakan serangga besar.

4. Perawatan

Perawatan sangat penting ketika ular sedang berganti kulit. Jika suhu dan kelembapannya benar, maka semuanya berjalan dengan baik. Mereka bahkan bisa mengurus dirinya sendiri.

Baca juga: Selain Kylie Jenner, Nih Deretan Artis Luar Negeri yang Kepincut Sedapnya Mi Instan

5. Penanganan

Banyak ular peliharaan belajar untuk dijinakkan. Tapi Anda tidak boleh mencoba menjinakkannya dengan tangan sampai berhasil makan setidaknya empat kali makan di rumah barunya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini