Omas Meninggal karena Penyakit Paru-Paru dan Diabetes, seperti Apa Bahayanya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 08:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 481 2247731 omas-meninggal-karena-penyakit-paru-paru-dan-diabetes-seperti-apa-bahayanya-2MwdcvRPpo.jpg RIP Mpok Omas. (Foto: Instagram Gading Marten)

KOMEDIAN Omas meninggal dunia pada Kamis malam, 16 Juli 2020. Kabar duka ini langsung mengagetkan masyarakat, terlebih tak ada kabar sakit sebelumnya mengenai artis bernama lengkap Omaswati tersebut.

Omas meninggal dunia dan duka mendalam tentu dirasakan keluarga besar Omas. Begitu juga dengan para pencinta komedi Tanah Air. Sosok Omas yang ceplas-ceplos khas Betawi itu tak akan menghiasi layar televisi kita semua untuk selamanya.

Baca Juga: 3 Jenis Olahraga Cegah Insomnia Setiap Malam

omas

Terkait dengan penyebab Omas meninggal dunia, komedian berusia 54 tahun itu dikabarkan menderita penyakit paru-paru dan diabetes. Kabar ini disampaikan pihak keluarga Omas.

Menurut Mastur, pihak dokter mendiagnosa Omas mengalami penyakit paru-paru, namun sayang tidak dijelaskan lebih detail seperti apa penyakit paru-paru tersebut. Mastur pun menerangkan bahwa penyakit itu sudah lama diidap Omas.

Sementara itu, keponakan Omas, Erni, menuturkan bahwa sebelum meninggal dunia Omas memiliki riwayat penyakit diabetes. Kondisi penyakit itu pun tidak dijelaskan lebih rinci sejak kapannya.

Di sisi lain, dua penyakit yang diidap Omas ternyata saling berkaitan. Menurut peneliti Jasmin Khateeb dari Departement of Internal Medicine D, Rambam Health Care Campus, Haifa, Israel, penyakit diabetes merupakan penyakit gangguan sistemik yang terkait dengan peradangan dan stres oksidatif yang dapat menyerang banyak organ tubuh, seperti ginjal, retina mata, dan sistem pembuluh darah.

Nah, diabetes pun terbukti memengaruhi keparahan dan perjalanan klinis beberapa penyakit paru-paru, salah satunya asma. Penelitian ini diterbitkan dalam National Library of Medicine dengan judul 'Diabetes and Lung Disease: A Neglected Relationship'.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini