Omas Wati Meninggal Dunia, Ini 5 Tips Cegah Diabetes di Usia Muda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 481 2247737 omas-wati-meninggal-dunia-ini-5-tips-cegah-diabetes-di-usia-muda-r9hSEoQF1K.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PELAWAK Omas Wati meninggal dunia karena penyakit diabetes. Penyakit gula ini pun akhirnya menimbulkan komplikasi paru-paru berbahaya.

Agar terhindar dari penyakit gula seperti yang dialami Omas Wati, anak muda harus mau cegah diabetes. Sebab penyakit ini sangat berbahaya dan akan membuat Anda mengalaminya seumur hidup.

Ada beberapa cara sederhana untuk cegah diabetes, penyakit yang diderita Omas Wati. Simak lima tips cegah diabetes berikut ini, dikutip dari laman Besthealtmag, Jumat (17/7/2020).

Kurangi makanan manis

 soda

Membiasakan diri dengan mengurangi makanan yang banyak mengandung gula, termasuk porsi karbohidrat. Konsumsi karbohidrat berlebih, mampu memperlambat penyerapan makanan oleh usus. Sehingga memaksa pankreas untuk mengeluarkan sejumlah besar insulin.

Baca Juga: Omas Meninggal karena Penyakit Paru-Paru dan Diabetes, seperti Apa Bahayanya?

Minum ramuan tradisional

 kunyit

Ramuan tradisional seperti sari kunyit dapat mengontrol gula darah. Kunyit bermanfaat mengurangi kadar glukosa berlebih dalam darah. Kunyit juga berfungsi mencegah kerusakan kardiovaskular yang disebabkan oleh kelebihan gula dalam darah.

Pilih lemak yang sehat

ikan

Lemak jenuh memberi pengaruh besar terhadap perkembangan diabetes tipe-2. Terjadinya peradangan menyebabkan resistensi insulin. Asupan asam lemak omega-3 mampu mecegah terjadinya diabetes.

 

Olahraga

olahraga

Pola hidup sehat harus disertai dengan olahraga teratur. Selain bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kestabilan tekanan darah, olahraga dapat membantu pengaturan kadar glukosa dalam darah.

Jaga berat badan

berat badan

Mempertahankan berat badan ideal menjadi sangat penting untuk cegah diabetes. Jika berat badan ideal tentunya mampu mengurangi risiko terjadinya diabetes. Caranya adalah jaga pola makan sehat, olahraga, serta rajin bergerak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini