Sepedaan Pakai Masker atau Lepas? Ini Jawaban Dokter Buat Pegowes

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 481 2247791 sepedaan-pakai-masker-atau-lepas-ini-jawaban-dokter-buat-pegowes-gJOEcFNoe4.jpg Ilustrasi. (Okezone)

KEKHAWATIRAN masyarakat akan persebaran virus corona yang meluas yaitu melalui udara membuat pegowes bertanya-tanya. Ya, apakah saat gowes kita tetap pakai masker atau lepas?

Pertanyaan itu menjadi penting karena beberapa pesepeda mengeluhkan sulit bernapas saat mengayuh sepeda. Karena itu, sebagian dari mereka memutuskan untuk tidak pakai masker saat gowes di jalanan.

Kondisi ini membingungkan masyarakat, lantas apa yang sebaiknya dilakukan, tetap pakai masker atau lepas?

Menurut Dokter Spesialis Paru Primaya Hospital Bekasi Timur dr Annisa Sutera Insani, SpP, pada dasarnya menggunakan masker di luar rumah adalah keharusan.

"Pakai masker jadi bagian dari protokol kesehatan yang harus dijalankan masyarakat yang beraktivitas di luar rumah," kata Dokter Annisa kepada Okezone melalui pesan singkat, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga: 3 Gaya Trendi Veronica Tan Nongkrong Cantik Bareng Sosialita Ibu Kota

sepeda

Bahkan, Juru Bicara Covid-19 Achmad Yurianto pun menyarankan masyarakat tetap menggunakan masker saat berada di dalam ruangan. Misalnya di kantor yang memiliki sirkulasi udara buruk yang hanya mengandalkan pengatur suhu.

Tapi, sambung dr Annisa, tak bisa dipungkiri kalau ada beberapa pesepeda yang mengeluhkan sulit bernapas saat gowes pakai masker. Kalau kondisinya semacam ini, saran yang diberikan adalah tetap menggunakan masker, tapi boleh dilepas dengan catatan jangan dikerumunan orang.

"Kalau memang Anda termasuk orang yang mengeluhkan sulit bernapa saat gowes pakai masker, bahkan sampai muncul pusing, sangat disarankan ketika gejala itu muncul, berhenti dulu, lalu cari tempat yang sepi, dan lepas masker untuk hirup udara segar," ungkapnya.

Ada catatan penting juga saat Anda melepas masker di area yang sepi, bukan soal pastikan tak ada kerumunan, tapi segera cuci tangan setelah Anda lepas maupun sebelum menggunakannya lagi. Ini mesti dilakukan untuk menjamin Anda minim risiko terpapar virus berbahaya dari tangan yang memegang masker.

Dokter Annisa menambahkan, ketika Anda memutuskan untuk lepas masker, Anda pun mesti memastikan kalau Anda tidak bersepeda dengan orang lain di jalanan. Atau kalau memang bersama teman, pastikan jarak aman, ya.

"Kalau Anda mau tidak pake masker saat gowes, ya, harus yakin tempatnya tidak ramai dan bisa jaga jarak 2 meter antarpesepeda. Kalau ini tidak bisa dilakukan, sudah sepatutnya gowes tetap menggunakan masker demi keselamatan diri Anda maupun orang lain," pungkas Dokter Annisa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini