Meski Tak Bisa Sembuh, Diabetes Bisa Dikontrol

Jum'at 17 Juli 2020 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 481 2248141 meski-tak-bisa-sembuh-diabetes-bisa-dikontrol-FKuJVehrPK.jpg Terlalu banyak makan manis bisa kena diabetes (Foto: labellord)

Diabetes merupakan penyakit yang sering menjangkiti masyarakat di era milenial ini. Kebanyakan penyebabnya merupakan gaya hidup.

Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam FKUI RSCM, dr. Dante S. Harbuwono, Sp.PD.D, KEMD menjelaskan, diabetes memang tidak dapat disembuhkan. Namun, diabetes bisa dikontrol.

 diabetes

"Diabetes itu tidak bisa sembuh tapi bisa dikontrol sehingga orangnya tetap bisa sehat," kata dr. Dante saat acara Meet the Doctor: Tips Hidup Sehat Berkualitas untuk Diabetes belum lama ini.

Diabetes bisa dikontrol dengan cara menjalankan gaya hidup sehat. Hal ini bertujuan agar gula darah tidak melonjak secara tiba-tiba.

Seperti dilansir dari Sindo News, gaya hidup sehat yang dianjurkan mencakup mengatur pola makan yang tepat, melakukan aktivitas fisik secara teratur, konsumsi obat-obatan secara rutin sesuai anjuran dokter.

Hal terpenting lainnya adalah memantau kadar gula darah. Pastikan juga berhenti dari kebiasaan buruk seperti merokok yang dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke, sakit saraf, nefropati, retinopati.

Baca juga: 3 Gaya Trendi Veronica Tan Nongkrong Cantik Bareng Sosialita Ibu Kota

Komplikasi diabetes juga bisa menyebabkan kehilangan penglihatan, gangguan pendengaran, kerusakan kaki seperti infeksi dan luka yang tidak kunjung sembuh, kondisi kulit seperti bakteri dan jamur infeksi, depresi dan demensia.

Oleh karena itu penderita diabetes jangan pernah memakan makanan yang manis-manis dan berkadar gula tinggi agar kadar gula dalam darah tak melonjak.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini