Rosacea Bikin Kamu Enggak Percaya Diri? Atasi dengan 4 Bahan Ini Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 19 Juli 2020 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 18 194 2248383 rosacea-bikin-kamu-enggak-percaya-diri-atasi-dengan-4-bahan-ini-yuk-Us2ExP5WS3.jpg Ilustrasi perawatan wajah (Foto: Shutterstock)

Masih banyak masyarakat yang bilang bahwa rosacea itu jerawat, padahal bukan loh. Rosacea adalah gangguan kulit kronis yang ditandai oleh peradangan, kemerahan pada kulit dan benjolan.

Biasanya rosacea muncul pada area pipi dan hidung. Tentu ini cukup mengganggu penampilan Anda bukan. Tak jarang, penderita rosacea jadi kehilangan rasa percaya dirinya saat tampil di depan umum.

Kendati demikian, Anda memerlukan perawatan untuk meredakan rosacea tersebut. Melansir Boldsky pada Minggu (19/7/2020), berikut 4 bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai perawatan di rumah untuk meredakan rosacea.

cuka apel 

Baca juga: 4 Manfaat Makan Alpukat, Turunkan Kolesterol hingga Berat Badan

Oatmeal

Oatmeal memiliki sifat melembabkan, pengelupasan kulit, dan anti-inflamasi yang mampu membersihkan kulit dan melawan peradangan. Caranya, Giling ½ cangkir oatmeal. Tambahkan ¼ gelas air di dalamnya untuk membuat pasta yang halus. Oleskan pasta pada area yang terdampak. Tunggu 20 menit agar mengering sebelum dicuci dengan air dingin dan keringkan.

Cuka apel

Cuka sari apel sangat baik dalam mengobati rosacea karena sifat anti-inflamasinya yang mungkin memberikan bantuan instan pada kulit Anda. Tetapi, dibutuhkan kehati-hatian dalam menggunakan cuka apel ini.

Jangan gunakan cuka apel secara langsung, karena itu dapat membuat kulit Anda terbakar. Sebaiknya campurkan 2 sendok makan cuka apel dengan 8 sendok makan air untuk mengencerkannya. Celupkan waslap bersih dalam larutan dan oleskan waslap basah ke area yang terkena. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Mentimun

Mentimun yang dingin memiliki sifat menenangkan kulit, anti-inflamasi, dan kadar air yang tinggi sangat cocok untuk kemerahan dan radang kulit. Caranya, dinginkan timun selama 45 menit dalam kulkas, potong menjadi irisan tipis, oleskan irisan mentimun dingin di daerah yang terkena. Biarkan selama 10-15 menit, angkat irisan mentimun tersebut dan bilas dengan air.

Ilustrasi Mentimun 

Kunyit

Bumbu berwarna kuning keemasan ini mengandung komponen aktif yang disebut cucurmin. Cucurmin memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan yang terbukti efektif melawan rosacea.

Caranya, cukup campurkan bubuk kunyit dengan air secukupnya hingga menjadi pasta yang halus. Oleskan pasta tersebut ke area yang terkena, diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini