Hentikan Stigma Negatif ke Tenaga Kesehatan, Dokter Reisa: Itu Semua Tidak Berguna

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 18 Juli 2020 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 18 481 2248553 hentikan-stigma-negatif-ke-tenaga-kesehatan-dokter-reisa-itu-semua-tidak-berguna-DcbaIg1vnT.jpg Dokter Reisa Broto Asmoro (Foto : BNPB Indonesia/Youtube)

Saat ini masih banyak stigma dan stereotipe negatif yang diberikan oleh individu atau kelompok masyarakat terhadap para tenaga kesehatan atau pasien Covid-19. Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan sikap tersebut tidak berguna.

“"Itu semua tidak berguna dan tidak memberikan sumbangan apapun terhadap pengendalian virus corona Covid-19. Bahkan menurut pandangan pakar kesehatan justru dapat berkontribusi terhadap tingginya angka kematian akibat virus corona karena tidak segera ditangani sejak awal onset,” terang Dokter Reisa dalam siaran pers di Graha BNPB, Sabtu (18/7/2020).

Dokter Reisa

Berdasarkan hasil survei fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dan Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia dalam siaran tertulisnya pada 11 April 2020, menyatakan bahwa sebanyak 140 perawat pernah merasa dipermalukan.

Baca Juga : Dokter Reisa : Rapid Test Masih Diperlukan untuk Deteksi Pasien Covid-19

Hal ini disebabkan karena status mereka yang bekerja sebagai perawat Covid-19 atau bertugas di rumah sakit tempat perawatan Covid-19. Jajak pendapat ini dilakukan pada awal April 2020 terhadap 2050 perawat se-Indonesia.

“Hasilnya menyatakan bahwa 135 perawat pernah diminta meninggalkan tempat tinggalnya, 66 responden mengalami ancaman pengusiran, 160 responden mengaku orang-orang sekitar menghindari mereka dan 71 responden mengaku masyarakat ikut menjauhi keluarga mereka,” sambungnya.

Oleh sebab itu dr. Reisa mengajak masyarakat untuk berhenti memikirkan stigma negatif mengenai para dokter dan juga perawat yang mengurus pasien Covid-19. Terlebih bagi para anggota keluarga mereka.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini