Share

Tak Mau Sektor Digital Dikuasai Pekerja Asing, Kemenparekraf Adakan BDD 2020

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 19 Juli 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 19 612 2248724 tak-mau-sektor-digital-dikuasai-pekerja-asing-kemenparekraf-adakan-bdd-2020-kRi4QB3uiu.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara daring Baparekraf Developer Day (BDD) 2020. Acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para talenta digital kreatif.

Plt. Deputi Bidang Ekonom Digital dan Produk Kreatif, Josua Puji Mulia Simanjuntak mengatakan, acara ini dilakukan atas inisiasi Baparekraf untuk transfer pengetahuan dan standar industri secara langsung, dari para praktisi andal yang telah sukses mengembangkan produk, digital khususnya di bidang subsektor aplikasi, web, teknologi, dan game dalam sesi inspirasi dan talkshow.

"Harapannya mereka mendapat inspirasi dari para praktisi sehingga bisa memberikan sumbangsih bermanfaat bagi masyarakat dalam bentuk karya digital," kata Josua seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone.

Menurut laporan dari The Global Startup Ecosystem 2020, Jakarta dinobatkan sebagai ekosistem perusahaan rintisan terbaik kedua pada Top 100 Emerging Ecosystem di bawah Mumbai, India.

industri kreatif

“Data tersebut menunjukkan tantangan yang harus kita jawab ke depannya. Kebutuhan akan developer, baik developer mobile, website, atau lainnya akan semakin tinggi," katanya.

"Jangan sampai perusahaan-perusahaan tersebut menarik warga negara asing, dikarenakan kurangnya ketersediaan tenaga kerja terampil," jelas dia.

BDD kata Josua, juga merupakan upaya untuk mewujudkan transformasi digital di sektor kreatif. “Diharapkan dari BBD ini akan muncul agen agen perubahan menuju digital untuk ke-17 sub-sektor ekonomi kreatif,” katanya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini