Peneliti Temukan Ikan Paling Hitam di Dunia, Seperti Apa?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 19 Juli 2020 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 19 612 2248847 peneliti-temukan-ikan-paling-hitam-di-dunia-seperti-apa-GF1RUiyw3Q.jpg Ikan Laut. (Foto: Twitter)

PARA ilmuwan telah menemukan ikan paling hitam yang pernah didokumentasikan di dunia. Ikan tersebut ditemukan di samudra yang gelap sebagai tempat kamuflase mereka.

Para peneliti telah menemukan 16 spesies yang disebut ikan ultra-black. Kabarnya ikan ini menyerap lebih dari 99,5 persen cahaya, yang menjadikannya sekadar bayangan ketika sedang berenang.

Penemuan tersebut ditulis oleh para ilmuwan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology. Hal ini pun dibenarkan oleh Ahli Zoologi dari Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian, Karen Osborn.

“Di lautan yang dalam dan terbuka, tidak ada tempat untuk bersembunyi dan banyak pemangsa lapar. Satu-satunya pilihan hewan adalah menyatu dengan latar belakang,” kata Karen Osborn, melansir dari Fox News.

Sementara cahaya kecil menembus di bawah kedalaman 650 kaki, beberapa ikan ultra-black hidup sejauh 3 mil di bawah permukaan laut. Ketika spesies berevolusi, mereka memodifikasi pigmen kulit mereka melalui lapisan melanosom secara terus menerus.

Mereka menyimpan melanin penyerap cahaya, agar lebih mudah bersembunyi dari pemangsa. Bahkan Ahli Biologi Universitas Duke, Alexander Davis mengatakan ikan tersebut seperti lubang hitam.

Satu anglerfish bioluminescent yang didokumentasikan oleh tim, menyerap 99,95 persen cahaya dengan menakjubkan. Kondisi itu membuat ikan tersebut benar-benar tidak terlihat.

Ahli Biologi di Louisiana State University, Prosanta Chakrabarty, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengaku tidak akan terkejut jika belum menemukan ikan paling gelap di laut.

Selain ultra-black, spesies ikan lain yang didokumentasikan dalam penelitian ini termasuk fangtooth, black swallower, dan Pacific blackdragon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini