Kulit Bayi Alami Eksim, Cobalah Mandi dengan Air Dingin

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 481 2249090 kulit-bayi-alami-eksim-cobalah-mandi-dengan-air-dingin-GMMNwyoqjx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

EKSIM menjadi penyakit kulit yang paling sering diidap anak-anak dan orang dewasa. Namun penanganannya tidaklah mudah, sehingga butuh tindakan khusus agar lebih optimal.

Kondisi kulit yang memerah, kering dan kulit pecah merupakan tanda penyakit kulit atau eksim (dermatitis atopik). Jika penanganan tidak optimal, dapat menyebabkan kondisi peradangan kulit, yang bisa berlangsung lama hingga bertahun tahun.

Baca Juga: Cek Fakta, Benarkah Radiasi Thermo Gun Berbahaya?

eksim

Spesialis Kulit Siloam Hospitals Yogyakarta dr Ika Fatimah D, M.Sc, SpKK, menjelaskan, setiap pengidap eksim dapat merasakan gejala yang berbeda melalui tingkatan umur. Pada balita, gejala berbentuk kulit bersisik, memerah dan berkerak diarea pipi, tangan kaki juga diareal kepala.

"Adapun untuk orang dewasa, gejala gatal diareal leher, lutut maupun siku," tutur dr Ika lewat keterangan resminya.

Eksim pada balita, lanjut dr Ika, disebabkan karena dampak detergen kimia dari pakaian yang dikenakan. Sedangkan orang dewasa kerap dipengaruhi penurunan imun tubuh diakibatkan gaya hidup maupun stres.

Jika tidak segera ditangani akan menyebar keseluruh kulit, gatal memerah dan timbul demam pada tubuh. Demam bisa dialami karena kulit rusak akibat garukan.

"Solusinya adalah pengobatan termasuk mengatur pola mandi dengan air dingin atau bersuhu normal", terang dr Ika.

Pengobatan dermatitis yang ideal bagi bayi dapat dilakukan dengan menggunakan produk pembersih kulit yang aman dan khusus buat bayi. Disertai dengan memandikan bayi dengan teknik khusus, serta melakukan pengobatan secara rutin.

"Selain itu hindari pemicu munculnya dermatitis, misalnya bulu-bulu dari hewan atau lingkungan yang kurang bersih", imbuh dr Ika.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini