ISPA dan Diare, Penyakit yang Paling Sering Dialami Balita

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 481 2249272 ispa-dan-diare-penyakit-yang-paling-sering-dialami-balita-AslHfL8T0b.jpg Balita (Foto: Pexels)

Balita merupakan golongan manusia yang paling rentan terhadap serangan berbagai macam infeksi. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan, infeksi dan malnutrisi masih umum ditemui di Indonesia.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) mengatakan, infeksi yang umum dialami anak-anak adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan gastroenteritis akut (diare). Prevalensi anak usia 1–4 tahun yang mengalami ISPA sebesar 13,7 persen dan diare sebesar 12,8 persen.

 bayi

Oleh sebab itu dr. Ariani menyebut bahwa peran orangtua sangat penting untuk memastikan agar perkembangan imunitas menjadi optimal. Sistem imunitas yang terjaga dengan baik akan menjadi bekal bagi tubuh anak untuk tumbuh dan berkembang.

“Penyebab anak rentan terkena gangguan penyakit infeksi seperti ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus pada anak masih renggang, mengakibatkan apabila ada kuman atau allergen akan mudah masuk melalu isel-sel tersebut,” terang dr. Ariani dalam Webinar ‘Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal’ Senin, (20/7/2020).

Lebih lanjut dr. Ariani mengatakan, sejatinya hadirnya mikroba dalam tubuh manusia (mikrobioma) seperti bakteri, virus dan eukariota sangatlah penting. Mikrobioma ini dibutuhkan pada saluran cerna manusia.

 Baca juga: Diciduk Polisi, Catherine Wilson Pakai Daster dan Sendal Jepit Jadi Sorotan

“Bakteri pada mikrobioma memiliki peran terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri patogen. Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobioma dengan jumlah paling banyak terdapat di usus,” tutupnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini