Waspadai Penyakit Paru-Paru seperti yang Diidap Polo Srimulat

Senin 20 Juli 2020 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 481 2249342 waspadai-penyakit-paru-paru-seperti-yang-diidap-polo-srimulat-50p4ofw6PP.jpg Polo Srimulat (Foto: Ist)

Kabar sedih datang dari pelawak Polo. Anggota grup lawak Srimulat itu terbaring di ICU Rumah Sakit Awal Bros, Bekasi, Jawa Barat.

Dari foto yang beredar, Polo terbaring di ranjang lengkap dengan selang menempel di mulutnya. Ia dilarikan ke rumah sakit akibat mengidap penyakit paru-paru. Keterangan ini diungkapkan pelawak sekaligus aktor Tarzan. "Katanya paru-paru kalau nggak salah. Kata yang jaga, kata anak buahnya," ujar Tarzan.

 sakit

Seperti dilansir dari Sindo News, penyakit paru-paru adalah beberapa kondisi medis paling umum di dunia. Puluhan juta orang menderita penyakit paru-paru di Amerika Serikat. Merokok, infeksi, dan gen menyebabkan sebagian besar penyakit paru-paru.

Paru-paru adalah bagian dari sistem yang kompleks, mengembang dan mengendur ribuan kali setiap hari untuk membawa oksigen dan mengirimkan karbon dioksida. Penyakit paru-paru dapat terjadi ketika ada masalah di bagian mana pun dari sistem ini.

Pada dasarnya penyakit paru-paru mengacu pada gangguan yang mempengaruhi paru-paru, organ yang memungkinkan kita untuk bernapas. Masalah pernapasan yang disebabkan oleh penyakit paru-paru dapat mencegah tubuh mendapatkan oksigen yang cukup.

Adapun contoh penyakit paru-paru di antaranya adalah asma, bronkitis kronis, dan emfisema, infeksi, seperti influenza dan pneumonia, kanker paru-paru, sarkoidosis dan fibrosis paru.

Para ahli menjelaskan, penyebab penyakit paru-paru antara lain merokok. Asap dari rokok, cerutu, dan cangklong adalah penyebab utama penyakit paru-paru.

Jika Anda tinggal atau bekerja dengan perokok, hindari asap rokok. Mintalah perokok untuk merokok di luar ruangan. Perokok pasif sangat buruk bagi bayi dan anak kecil.

Tanda-tanda awal penyakit paru-paru sering kali diabaikan, makanya mulailah waspada. Seringkali, tanda awal penyakit paru-paru adalah seseorang tidak memiliki tingkat energi seperti biasa.

Tanda dan gejalanya dapat berbeda berdasarkan jenis penyakit paru-paru. Tanda umum penyakit ini mencakup kesulitan bernafas, sesak napas, merasa seperti Anda tidak mendapatkan cukup udara, kemampuan berolahraga menurun, batuk yang tidak kunjung sembuh.

Baca juga: Diciduk Polisi, Catherine Wilson Pakai Daster dan Sendal Jepit Jadi Sorotan

Di sisi lain, penyakit paru juga bisa ditandai oleh batuk darah atau lendir dan rasa sakit atau tidak nyaman saat menarik atau mengeluarkan napas. Oleh karena itu, segera ke dokter jika Anda memiliki gejala-gejala ini!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini