Kalahkan 15 Negara, Perempuan Muda Ini Berhasil Sabet Asia Young Designer Awards 2020

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 612 2249070 kalahkan-15-negara-perempuan-muda-ini-berhasil-sabet-asia-young-designer-awards-2020-lZ4Ir5UGGb.jpg Desain rumah kopi karya Greta. (Foto: Dok AYDA 2020)

PRESTASI anak-anak muda Indonesia dalam menciptakan karya memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Nah, baru-baru ini ada perempuan Indonesia yang berhasil menyabet gelar di ajang Asia Young Designer Awards 2020.

Dialah Greta Elsa Nurtjahja dari Universitas Pelita Harapan, yang menyabet juara desain interior. Greta mengusung tema “Rumah Kopi – A Communal House of Coffee”. Ia menampilkan perspektif manusia yang memiliki naluri alami untuk dekat dengan alam, sehingga berhasil mengalahkan 26 peserta lainnya dengan kategori desain dan arsitektur dari 15 negara.

 greta

Baca Juga: Pesona Tung Pang, Pesepeda asal Thailand yang Buat Netizen Indonesia Keringetan

Greta mengatakan, desain rumah kopi itu terinspirasi dari rumah penduduk setempat di Kampung Bumi Kasih, Jawa Barat. Dia pun mengadaptasi perilaku, kebiasaan, dan budaya setempat.

"Rumah kopi dirancang dengan mengadaptasi unsur kelokalan, rumah tersebut dirancang untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk dengan tetap menghormati kepercayaan, kebudayaan, sejarah, alam serta bagaimana melestarikan esensinya,” ucap Greta, lewat keterangan resmi yang diterima Okezone.

Greta menjelaskan, konsep dari rumah kopi ini dirancang sebagai ekspresi paling murni, dari hubungan arsitektur dengan bumi dan topografi. Tujuan untuk menciptakan atmosfer interior lingkungan alami.

“Keberadaan Rumah Kopi diharapkan akan menjadi bentuk baru dari ruang hunian sebagai ruang kontemplatif manusia dengan alam, pusat budaya bagi masyarakat,” ujar Greta.

rumah kopi

CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia, Jon Tan, menyebut Greta berhasil menunjukkan kekuatan karakter dan budaya Indonesia yang luar biasa. Greta pun dinobatkan sebagai pemenang setelah presentasi dan seleksi penjurian pada 8-9 Juli 2020 dilakukan secara virtual.

Atas prestasi ini, Greta meraih beasiswa di Harvard University Graduate School of Design (GSD) di Boston, Massachusetts, United States. Ikut bangga ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini