Pandemi Covid-19, Generasi Milenial Rentan Jadi Pengangguran

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 612 2249198 pandemi-covid-19-generasi-milenial-rentan-jadi-pengangguran-i4T1CO0m91.jpg Ilustrasi. (Foto: Goodcall)

WABAH Covid-19 membuat generasi muda terhambat untuk berkarya. Bahkan mereka bingung untuk memulai karier di era ini. 

Sebab mereka tidak mendapatkan manfaat edukasi yang layak, finansial, kesempatan kerja, kesehatan serta kesejahteraan di usianya. Padahal mereka harus lebih aktif dan kreatif untuk berkarya.

Saat ini, generasi muda usia 15-24 tahun 3 kali lebih rentan jadi pangangguran dibandingkan dulu. Maka sudah saatnya generasi muda siap menghadapi fase new normal sekarang.

Baca Juga: Ini Alasan Anak-Anak Rentan terhadap Gangguan Mental saat Pandemi

pengangguran

National Director SOS Children’s Villages Indonesia Gregor Hadi Nitihardjo mengatakan, generasi muda menghadapi tantangan baru memasuki era kenormalan baru setelah pandemi. Maka mereka membutuhkan dukungan, salah satunya dengan pembekalan. 

"Kami bantu membangun semangat positif anak-anak, sekaligus melatih kemampuan, keterampilan dan pengalaman untuk mencapai ketangguhan sikap," kaya Gregor Hadi, lewat keterangan resminya. 

 

Diakui Presiden Direktur ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative) Indra Laban, generasi muda memang paling terdampak saat ini. Mereka bisa kesulitan mendapatkan pekerjaan karena krisis pandemi.

"Saat pandemi Covid-19 berakhir, generasi muda diharapkan dapat berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi. Karenanya, mereka perlu dibekali dengan keahlian yang mumpuni," ucapnya. 

Melalui pembekalan, generasi muda diharapkan lebih pandai dan tangguh dalam menghadapi tantangan yang dinamis di masa depan. Pada akhirnya, cara ini dapat mengubah kehidupan generasi muda di masa mendatang untuk mengurangi angka pengangguran di kalangan anak muda. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini